Bungker Peninggalan Jepang Bukti Sejarah Di Biarkan Terbengkalai.


Rabu, 05 Januari 2022 - 19.21 WIB



PIDIE JAYA - Tanah rencong Aceh merupakan daerah paling ujung barat indonesia yang memiliki beragam keunikan dan keindahan panorama alam wisata bahari nya di karenakan aceh di keliling laut selat malaka.

Bahkan Di Sepanjang Pesisir aceh banyak di jumpai deretan bungker peninggalan jepang, seperti di pesisir tepi pantai wisata tringgadeng, kabupaten pidie jaya,Aceh, ada delapan bunker, namun sangat disayangkan bukti sejarah kelam Aceh yang terlupakan.

Menurut masyarakat bunker jepang tersebut di bangun di pesisir pantai sebagai tempat benteng pertahanan jepang.

dimana setelah belanda aceh juga mendapat perlawanan perang dari jepang/ sehingga kerja paksa yang dilakukan jepang untuk membuat benteng pertahan.

Bunker pertahanan bukan hanya di pesisir pantai melainkan di perbukitan, kawasan Pidie Jaya terdapat berbagai bentuk benteng pertahan jepang yang di bangaun saat penjajahan dahulu.

bahkan di Gampong Sagoe, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Aceh,juga terdapat bungker yang besar yang terletak di atas perbukitan.

Namun Semua Bukti sejarah tersebut terlupakan begitu saja, bahkan pemerintah setempat terkesan membiarkan bukti sejarah tersebut hancur.

Semestinya Pemerintah Harus melestarikan berbagai macam benda sejarah agar anak cucu kedepan mengetahui bahwa kita pernah hidup dalam masa penjajahan.

M. Taleb, Warga Tringgadeng menyebutkan bungker tersebut mulai rusak bahkan sudah mulai tertimbun pasir, sedangkan yang di perbukitan banyak yang sudah rusak, dia juga berharap bukti sejarah dapat dilestarikan oleh pemerintah aceh sebagai bukti sejarah Aceh. (Red).

Bagikan:
KOMENTAR