HMI Desak Bupati Aceh Utara Alihkan Rute Bus Sekolah


Sabtu, 13 Juni 2020 - 01.28 WIB


LHOKSUKON - Himpunan Mahasiswa  Islam (HMI)  Mendesak Bupati Aceh Utara segera keluarkan kebijakan  terkaid Rute Bus Sekolah.


Ketua Cabang Himpunan Mahasiswa Islam Muhammad Atar kepada kabarsatu. Info pada Jum'at 12 Juni 2020 mengatakan Selama ini Armada Bus Sekolah Milik Pemkab Aceh Utara sering hilir mudik di kawasan kota Lhokseumawe, sehinga banyak palajar di kecamatan dalam wilayah kabupaten aceh utara harus berjalan kaki menuju kesekolah yang berjarak belasan kilometer.

Selama ini Himpunan Mahasiswa Islam menerima keluhan dari masyarakat di berapa kecamatan terkaid fasilitas bus sekolah, setelah kajian beberapa waktu HmI menilai sudah saat bupati mengeluarkan Kebijakan penataan rute bus sekolah agar pelajar di kecamatan dalam kabupaten aceh utara bisa mendapatkan fasilitas bus sekolah.

Mengingat tahun ajaran baru akan mulai berjalan pada juli mendatang diharapkan bupati aceh utara segera mengeluarkan kebijakan tersebut, selama ini armada bus sekolah aceh utara belum tersentuh pelajar di kawasan kecamatan, Khusus nya kecamatan perdalaman.

Ini bersifat urgen, mengingat pelajar di kecamatan sangat membutuhkan transportasi, kita berharap tahun ajaran baru 2020 pelajar di kecamatan sudah bisa menikmati bus sekolah.

Kajian HMI selama siswa berjalan kaki juga ada yang mengunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesekolah padahal siswa masih usia di bawah umur, dan dengan adanya bus sekolah di setiap kecamatan dapat meminimalis biaya kebutuhan palajar, harus mengisi bensin, yang seharusnya dapat dialihkan untuk membeli buku dan keperluan penunjang pendidikan lainnya.

Ini perlu diperhatikan oleh bupati aceh utara selaku pengambil kebijalan di kabupeten. Kami rasa kalau ada kemauan bupati ini akan berjalan dan masyarakat akan sangat membantu.
Skema satu kecamatan satu bus adalah jawaban dalam pemerataan  transportasi untuk pelajar di lingkup kabupaten aceh utara. Kita berharap bus tidak lagi menumpuk di satu wilayah saja namun merata di suluruh wilayah Aceh Utara
.
Masyarakat di kecamatan sangat sulit mendapatkan kendaraan umum khususnya pelajar dan mahasiswa dengan adanya bus sekolah di kecamatan akan sangat membantu, bukan tidak mungkin jika ini berjalan akan menjadikan sistem transportasi yang terintegrasi sehingga keluhan terkaid transportasi dimasa yang akan datang tidak lagi kita temui.

Jangan ada lagi alasan karena tidak ada kendaraan menghambat siswa untuk belajar, bukan kah MISI bupati meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka cek mad harus menyiapkan infrastruktur pendukung salah satunya bus sekolah, (Rel/AG)

Bagikan:
KOMENTAR