Satu Unit Rumah Warga Miskin Di Aceh Amblas Ke Sungai, Pasca Derasnya Debit Air.


Selasa, 18 Januari 2022 - 12.38 WIB



PIDIE JAYA
- Baru tiga bulan ditempati satu unit rumah warga miskin di Gampong Siren, Kecamatan Bandar Baru Lung Putu, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, jatuh ke sungai akibat hujan deras mengguyur Pidie Jaya tadi malam sehingga meluapnya Krueng Putu, Selasa (18/01/2022) sekitar pukul 05.00 wib subuh.


Rumah tersebut diketahui milik Wardiani (40) Warga Gampong Siren, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. 
Wardiani kesehariannya bekerja sebagai tukang cuci di rumah warga, yang penghasilannya tidak menentu. 


Menurut keterangan Wardiani, rumah ini baru tiga bulan ditempati, akibat hujan dan meluapnya air Krueng Putu membuat dapur dan sebagian pondasi rumahnya dari belakang amblas ke sungai, sehingga rumah tersebut hampir nyaris semua nya jatuh ke sungai.


"Banjir pertama kali menghanyutkan dapur yang amblas ke sungai, tadi malam banjir lagi, rumah saya ambruk kesungai, saat kejadian saya baru bangun untuk melaksanakan shalat subuh, secara spontan rumah bagian belakang pun amblas ke sungai," ujar Wardani.


Kini Wardiani tidak berani lagi menempati rumah tersebut, terpaksa hijrah dan menumpang nginap dirumah tetangga.
Yang membuat Wardiani sedih, biaya pembangunan rumah yang terbuat dari papan itu masih terutang, terpaksa saya pinjam sana sini untuk menyelesaikan pembangunan rumah ini, karena sudah gak sanggup lagi menyewa rumah. Mirisnya baru tiga bulan saya tempati rumah ini ambruk kesungai.


Selain itu, Rumah Nilawati (45) dan Muhammad Yakob (60) di Gampong Meunasah Udeung, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya kondisinya tidak jauh berbeda dengan Rumah Wardiani di Gampong Siren.


Rumah ke dua warga miskin ini hanya berjarak satu meter dari sungai dan nyaris amblas ke sungai akibat terjangan banjir luapan sepekan terakhir yang melanda Pidie Jaya.


Warga berharap Pemerintah setempat untuk segera mengatasi persoalan ini, kalau tidak dibangun tebing sungai (penahan) rumah kami bakal hanyut dibawa arus, pungkasnya. (tim)
Bagikan:
KOMENTAR