Dinkes Nagan Raya Segera Laksanakan Vaksin Tahap Ketiga Bagi Tenaga Kesehatan


Senin, 09 Agustus 2021 - 08.31 WIB



SUKA MAKMUE - Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh menyatakan pihaknya segera melaksanakan penyuntikan vaksin COVID-19 tahap ketiga, sebagai upaya untuk meningkatkan imun bagi tenaga kesehatan.


Vaksin yang akan disuntik tersebut merupakan jenis Moderna, dan dikhususkan bagi seluruh tenaga kesehatan di daerah ini.

“Insya Allah dalam pekan ini kemungkinan akan kita laksanakan, saat ini kami sedang menunggu petunjuk teknis terkait penyuntikan vaksin COVID-19 ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Aceh Haji Said Azman diwakili Sekretaris Arafik Karim di Suka Makmue, Minggu (8/8).

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga tersebut nantinya akan dipusatkan di Kompleks Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Aceh di Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Pelaksanaan penyuntikan tersebut sengaja difokuskan di lokasi Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, karena di kantor tersebut hanya memiliki alat penyimpanan vaksin Moderna, yang merupakan bantuan Pemerintah Amerika Serikat.

“Jadi, kalau dibawa ke setiap Puskesmas tidak mungkin, karena vaksin ini harus disimpan ditempat khusus dalam suhu beku,” kata Arafik menambahkan.

Ia juga menjelaskan, Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Aceh menerima sebanyak 1.820 dosis (130 vial) vaksin Moderna yang merupakan bantuan dari Pemerintah Amerika Serikat, guna mengatasi pandemi di Tanah Air.

Meski sudah menerima vaksin Moderna, pihaknya sejauh ini masih menunggu petunjuk teknis lebih lanjut terkait penyuntikan vaksin tersebut.

Selain Moderna, kata Arafik Karim, pihaknya juga turut menerima 3.000 dosis (300 vial) vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.







Sumber : Antara.
Bagikan:
KOMENTAR