Momentum Lebaran, Anggota KPA Kuta Pase Ziarah ke Makam Ahmad Kandang


Senin, 17 Mei 2021 - 10.34 WIB



Aceh Utara 
- Sejumlah mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang tergabung dalam Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Kuta Pase menziarahi makam Komandan Operasi Teuntra Nanggroe Aceh (TNA), Tgk. Ahmad Kandang, di Gampong Leuhoeng, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Minggu, (16/5/2021).


Amatan media ini, tampak adik kandung Tgk. Ahmad Kandang Zulkifli dan sejumlah teman seperjuangan semasa hidupnya terlihat khusyuk mengaminkan doa yang dipimpin oleh Tgk. Sakdon.


Dalam komplek makam tersebut, terdapat tiga makam kombatan lainnya, yaitu makam Robin bin Ucok, meninggal pada 16/8/2001 di Tumpok Aceh, makam Bakhtiar bin Ramli, meninggal 3/4/2001 di Nisam, makam Muhammad Tahir bin Ubit, meninggal 27/1/2001 di Blang Pante dan Muhammad bin Rasyid (Tgk. Ahmad Kandang) meninggal di  Paya Bakong pada 27/1/2001.


Panglima Muda Kuta Pase Daerah Tgk Syik Dimon Lhok, Muzakir M. Tahir, didampingi Koordinator Ziarah, Nurul Qamar Issa mengatakan, kegiatan ziarah tersebut adalah agenda tahunan untuk doa bersama kepada almarhum para syuhada.


"Hari ini kita jajaran KPA Wilayah Kuta Pase bersama keluarga almarhum Tgk Ahmad Kandang melakukan takziah dan doa bersama, agenda ini kita lakukan setiap tanggal 4 Syawal." Ujar Muzakir.


Sementara itu, Koordinator Ziarah Nurul Qamar Issa menambahkan, selain melaksanakan doa bersama, pihaknya juga berencana akan melakukan pemugaran komplek makam Tgk. Ahmad Kandang secara bertahap dan merawat dengan baik.


"Untuk pemugaran makam ini, ke depan kita akan upayakan kerjasama dari para eks kombatan atau KPA Kuta Pase dengan saling bahu membahu untuk menjaga dan merawatnya."Ujar Nurul Qamar.


Lanjutnya, Muhammad Rasyid atau lebih dikenal dengan Tgk. Ahmad Kandang, lahir di Meunasah Blang Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe pada tahun 1964.


"Semasa hidupnya Tgk. Ahmad Kandang pernah menjabat sebagai Komandan Operasi Wilayah Samudera Pase, dan diakhir hayatnya beliau sedang menjabat sebagai Komandan Operasi Aceh Sumatera." Jelas Nurul Qamar.


Maka oleh karenanya, lanjut Nurul Qamar, pada hari ini kami berziarah di sini untuk melakukan doa bersama dan mengenang perjuangan mereka. Selain itu juga memberikan sedikit sedekah alakadar dan makanan ringan untuk anak-anak lingkungan Gampong setempat. Tutup Nurul Qamar.(Gram)

Bagikan:
KOMENTAR