Dirgahayu Kesad ke- 74,Denkesyah IM 04.01Kumpulkan 356 Kantong Darah


Rabu, 09 Oktober 2019 - 13.09 WIB


Lhokseumawe – Memperingati Dirgahayu Ke-74 Kesehatan Angkatan Darat (Kesad), Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 04.01 Lhokseumawe mengelar kegiatan Bakti sosial Donor darah, di Rumah Sakit (Rumkit) TNI-AD Kesrem Lhokseumawe, Selasa (08/10/2019) kemarin.

Bhakti Sosial berupa Donor Darah yang bertemakan “Dengan Prajurit TNI Kesehatan yang Unggul dan Profesional Kita Wujudkan Kebesaran dan Kemajuan KESAD”, kegiatan diselenggarakan Denkesyah IM 04.01/Lhokseumawe bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe dan Aceh utara yang di mulai pukul 08.00 Wib berhasil mengumpulkan sebanyak 356 Kantong Darah.

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandenkesyah) 04.01 Lhokseumawe Letkol Ckm Wawan Supandi SKM, S. Kes mengatakan, kegiatan Donor darah yang kita laksanakan kali ini, merupakan bagian rangkaian dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kesehatan Angkatan Darat (HUT KESAD). Selain itu kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dalam ikut berpartisipasi membantu peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat, ujarnya.

Dandenkesyah juga berharap kedepan kegiatan semacam ini dapat lebih ditingkatkan dan semoga apa yang kita laksanakan pada acara donor darah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak terutama bagi yang membutuhkan, katanya.

Menurutnya Dandenkesyah, donor darah selain bermanfaat untuk program kemanusiaan yaitu membantu orang lain, juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan sipendonor itu sendiri, ungkapnya.

Letkol Ckm Wawan Supandi SKM, S. Kes berpesan, kepada para pendonor, agar terus menumbuhkan kesadaran pada diri Masing-masing untuk melaksanakan donor darah secara rutin dan berkala paling cepat tiga bulan sekali sesuai aturan kesehatan. “Setetes Darah sangat bermanfaag bagi yang membutuhkan..sedangkan manfaat yang lain bisa di rasakan oleh peserta pendonor”, ungkapnya.

“Bhakti sosial Donor darah yang dimulai pukul 08.00 Wib berhasil mengumpulkan darah sebanyak 356 kantong, dari 430 orang calon pendonor yang terdaftar dimeja panitia, dan sebanyak 74 orang calon pendonor lainnya dinyatakan gagal donor karena tensi yang tidak memenuhi Syarat. Adapun rincian kantong darah yang terkumpul sebagai berikut: Galongan Darah “A” 87 kantong “B” 92 kantong, “O” 112 kantong dan “AB” 65 kantong” terang Dandenkesyah.

Kegiatan donor darah dalam rangka HUT KESAD KE 74 TA 2019 turut diikuti antara lain, Karumkit Kesrem Lhokseumawe Mayor Ckm dr Arif Puguh Santoso, Sp.PD M. Kes, para Perwira, Bintara dan seluruh prajurit TNI Denkesyah, Ketua Persit dan para Ibu-ibu anggota persit KCK Denkesyah IM 0401 Lhokseumawe, ASN Kesrem, TKS, Makorem, Dinas jawatan, Mahasiswa Akper Kesdam, serta Masyarakat sekitar Denkesyah Lhokseumawe.(RED)

Bagikan:
KOMENTAR