Tinjau Asrama Haji Aceh, Panja Kesehatan Haji DPR RI temukan Bus tanpa toilet


Selasa, 22 Agustus 2017 - 16.20 WIB


BANDA ACEH – Panitia Kerja (Panja) Kesehatan Haji DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Asrama Haji Aceh, di Banda Aceh, Senin (21/8).

Rombongan Panja ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi, didampingi Direktur Kepatuhan, hukum dan Hubungan Antar Lembaga Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pusat dan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Dalam kunjungannya, mereka menemukan sarana bus penjemputan jama'ah calon haji yang hendak berangkat dan jamaah haji yang sudah pulang ke tanah air, tidak dilengkapi dengan toilet.

Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, dengan waktu tunggu di dalam bus mencapai hingga 2 jam, maka menahan buang air akan berpengaruh bagi kesehatan. Karena bus penjemputan jama'ah, kata dia, merupakan tanggungjawab Garuda Indonesia, maka Dede berjanji akan menegur manajemen Garuda.

"Baik, nanti tolong diingatkan untuk membuat hasil temuan kepada tim pengawas haji, karena di dalamnya ada juga Komisi V DPR RI untuk menegur Garuda Indonesia yang menyediakan bus-bus tanpa toilet, karena alokasi anggaran transportasi ini cukup besar." Kata dia dalam pertemuan itu.

Dede juga mengungkapkan, pelayanan kesehatan bagi jama'ah haji masih dilakukan ditenda-tenda. Oleh karena itu Pemerintah Indonesia sempat mengusulkan untuk membangun rumah sakit untuk memudahkan memberikan pelayanan kesehatan kepada jama'ah haji.

"Kebijakan Kerajaan Arab Saudi tidak mengizinkan negara lain membangun Rumah Sakit di Arab Saudi. Hal yang memungkinkan dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan rumah sakit setempat. Nah, inilah yang sedang kita jajaki," ujar Dede Yusuf. []


Sumber : KANALACEH.COM

Bagikan:
KOMENTAR