Headline

Bupati Nagan Raya Diminta Evaluasi Izin PT KiM

Babinsa dan PPL Bantu Petani di Simpang Keuramat


Minggu, 06 Agustus 2017 - 18.16 WIB


ACEH UTARA - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Simpang Keuramat Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Aceh Utara melakukan pendampingan terhadap petani dalam rangka mengolah lahan di desa Alue Bade Kecamatan Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara, Minggu (06/08).


Komandan Koramil 17/SPK Kapten Czi Hermansyah mengatakan pihaknya akan selalu mengerahkan Babinsa dan berkoodinasikan dengan PPL untuk turun ke desa binaannya masing masing guna mendorong dan membantu petani dalam mengelola lahan sawahnya untuk ditanami padi.


"Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerja sama seluruh elemen masyarakat mulai dari para petani, kelompok tani, petugas PPL dan Babinsa," terangnya.


Menurutnya, penyiapan lahan menjadi awal pekerjaan petani, dengan pengolahan lahan yang benar diharapkan nantinya tanaman padi akan tumbuh subur, namun tentunya juga harus dibarengi dengan pemupukan dan pemberantasan hama yang tepat pula.


"Kita selalu memberikan motivasi atau semangat yang tinggi kepada para petani dengan cara terjun langsung ke lapangan agar program swasembada pangan yang ditargetkan oleh Pemerintah tercapai," tutupnya.


Babinsa Koramil Pirak Timur Bantu Semprot Hama Padi


Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 28/PRT Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara, Sertu Kadir Hasan dan Serda Eko Guritno melaksanakan pendampingan dengan membantu penyemprotan hama padi di desa Bungong Kecamatan Pirak Timur Kabupaten Aceh Utara, Munggu (06/08).


Sertu Kadir Hasan mengatakan salah satu upaya khusus (Upsus) yang dilakukan untuk mensukseskan program Pemerintah dalam rangka pencapaian swasembada pangan adalah melakukan pendampingan dengan membantu petani melaksanakan penyemprotan tanaman Padi agar terhindar dari serangan hama penyakit dan hasil panen pun maksimal.


"Tahapan Pemeliharan mulai pengairan, pemupukan dan penyemprotan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal," ujarnya.


Hal senada juga di katakan Serda Eko Guritno, Penyemprotan berfungsi mengantisipasi penyakit Blas, hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi.


Sementara petani setempat, Daud (35) merasa senang dan termotivasi oleh apa yang dilakukan  Babinsa dalam mendukung program Pemerintah yaitu tercapainya ketahanan pangan nasional. [Tas]
Bagikan:
KOMENTAR