Dandim: Hati Hati Proxy War itu Ancaman Nyata


Jumat, 28 Juli 2017 - 11.19 WIB


LHOKSEUMAWE - Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto mengingatkan para pelajar untuk berhati hati tentang ancaman dari proxy war atau perang tanpa betuk yang saat ini melanda Indonesia.


Hal itu disampaikan Dandim melalui Danramil 01/Muara Satu Kapten Arh Nasrib dihadapan ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Modal Bangsa Arun di Komplek Perum PT. PAG Muara Satu Kota Lhokseumawe, Kamis (27/07).


Indikasi proxy war di Indonesia, antara lain adalah gerakan separatis dan gerakan radikal kanan/kiri, demonstrasi massa anarkis, sistem regulasi dan perdagangan yang merugikan, peredaran narkoba, pemberitaan media yang provokatif, tawuran pelajar, bentrok antar kelompok, serta penyebaran pornografi, seks bebas, dan gerakan LGBT.


"Negara Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam hayati dan non hayati luar biasa, tanahnya subur dan letak geografisnya sangat strategis, maka banyak negara lain yang ingin menguasai sumber daya alam Indonesia melalui proxy war," jelasnya.


Lebih lanjut dijelaskan, Pelajar sebagai generasi muda tulang punggung bangsa harus menyadari bermacam tantangan dan ancaman bangsa tersebut untuk kemudian bersatu padu dan bersinergi menjaga suatu keselamatan bangsa dan negara.


Untuk itu pelajar, harus membekali diri dengan ilmu, keahlian, dan keterampilan, berpengalaman untuk membentuk karakter dan berwawasan kebangsaan sehingga mampu melawan dan menghancurkan proxy war di Indonesia.


"Contoh bentuk Proxy War yang gampang dan mudah diketahui disekitar kita adalah  Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang, pemberitaan media yang provokatif serta sex bebas," katanya.


Kemudian Dandim mengajak pelajar untuk terus giat belajar dan meningkatkan jiwa nasionalisme serta persatuan dan kesatuan demi mempertahankan tetap tegaknya NKRI.


Dukung Kesiapan Operasional, Kodim Aceh Utara Lakukan Perbaikan Kendaraan


Untuk mendukung kesiapan operasional kendaraan, Kodim 0103/Aceh Utara melakukan perbaikan dan pengecatan kendaraan dinas di Makodim setempat, Jum'at (28/07).


Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto mengatakan dengan dilakukannya perbaikan (servis) secara teratur akan didapatkan beberapa keuntungan diantaranya Kendaraan selalu dalam kondisi optimal dan selalu siap dioperasikan dalam rangka mendukung kesiapan satuan melaksnaakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) diantaranya pembinaan teritorial.


Selain itu, lanjut Dandim, Semakin teliti perawatan kendaraan, maka keamanan dan keselamatan operasi kendaraan akan semakin pasti dan  terjamin. Hanya kendaraan yang dirawat dengan baik yang dapat menampilkan unjuk kerja dan kenyamanan yang optimal.


Kendaraan yang dilakukan perbaikan dan pengecatan merupakan kendaraan lama jenis Toyota Kijang Pick Up, namun kondisinya  masih layak untuk digunakan mendukung kegiatan Kodim 0103/Aceh Utara.
 

"Kendaraan yang diperbaiki dan dicat sebanyak dua unit jenis Toyota kijang pick up agar menjadi lebih baik guna meningkatkan daya gerak dalam mendukung kegiatan Satuan," imbuhnya. [Tas]
Bagikan:
KOMENTAR