Dampak Banjir di Agara, Jalan Nasional Kutacane - Medan Lumpuh Total


Sabtu, 16 April 2022 - 16.46 WIB


Teks Foto : Kondisi  jalan Nasional Kutacane - Medan di Desa Lawe Beringin Gayo, Semadam lumpuh total akibat tertimbun material lumpur, batu dan gelondongan kayu. (Arjun)

----------------------------------------------------------------------
ACEH TENGGARA - Banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah di Aceh Tenggara (Agara) menyebabkan jalan Nasional Kutacane - Medan hingga kini dalam kondisi lumpuh total.


Lumpuhnya jalan Nasional tersebut disebabkan putusnya arus lalulintas di jembatan yang terletak di Desa Lawe Beringin Gayo, Semadam, Agara, akibat tertimbun material lumpur, batu dan gelondongan kayu yang terbawa arus saat banjir bandang melanda daerah tersebut. 


Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agara Nazmi Desky, saat diwawancarai di lokasi banjir (16/4/22) mengatakan, kondisi banjir bandang terparah memang terjadi di Desa Lawe Beringin Gayo, Semadam, Agara. 


Dimana, kata Nazmi, sedikitnya 37 Rumah rumah warga rusak berat dan 149 Kepala Keluarga (KK) di Desa Lawe Beringin Gayo, Semadam, terdampak banjir. Dan untuk sementara korban  mengungsi ke posko yang disiapkan di Desa - Desa terdekat yang tidak terdampak banjir.


Dikatakan Nazmi, selain menerjang pemungkiman warga, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, jalan dan jembatan ikut terdampak dalam bencana banjir bandang di wilayah itu. 


"Total keseluruhan ada lima Kecamatan yang dilanda banjir bandang di Agara, diantaranya, Kecamatan Lawe Sumur, Bambel, Lawe Sigala-Gala, Babul Makmur dan yang terparah di Kecamatan Semadam ini, " Kata Nazmi.


Akibatnya, ratusan rumah warga terendam, jalan Nasional terendam lumpur dan tidak bisa di lalui kendaraan, ujar Nazmi. 


Kemudian, sambung Nazmi, banjir bandang kali ini menyebabkan kerusakan yang cukup besar, seperti mengakibatkan kerusakan jalan Nasional dan Jembatan, Pemukiman Warga, Pondok Pesantren, Fasilitas Sekolah, Balai Pengajian Anak, Irigasi Persawahan dan Lahan Pertanian Warga. 


Wilayah Yang Terdampak Banjir  


Berikut data wilayah yang terdampak banjir di Agara;


Di Kecamatan Bambel, banjir melanda Desa Pinding, Desa Kuning I dan Desa Lawe Hijo. Selanjutnya di Kecamatan Semadam banjir melanda Desa Pasar Puntung, Desa Kampung Baru dan Desa Lawe Beringin Gayo. 


Kemudian di Kecamatan Lawe Sigala - Gala banjir hanya merendam satu desa yaitu Desa Kayu Mbelin. Sedangkan di Kecamatan Lawe Sumur banjir melanda Desa Buah Pala, Desa Teger Miko dan Desa Kuta Lesung dan di Kecamatan Babul Makmur ada Desa Sejarahtera Baru. (Arjun).

Bagikan:
KOMENTAR