Lima Ratus Hektar Komoditi Jagung Masuk Masa Panen Di Pidie Jaya.


Rabu, 06 Oktober 2021 - 08.09 WIB



PIDIE JAYA - Tanah Rencong Aceh Bukan Saja di kenal dengan lokasi- lokasi tempat wisata religi dan bahari laut bagi para wisatawan manca negera, tetapi Aceh juga memiliki lahan yang sangat potensial di bidang pertanian padi dan perkebunannya.


Seperti Yang Satu Ini Bahwa Di Aceh juga memiliki lahan yang merupakan daerah yang memiliki lokasi pengalakan penanaman jagung yang sangat luas dan hasil nya pun melimpah di musim panen nya sehingga membuat taraf perekonomian masyarakat meningkat.

Ini merupakan program pemerintah demi mengurangi angka kemiskinan maka pemerintah Pidie jaya terus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang pertanian dengan memberikan berbagai bantuan bibit tanaman yang bisa diproduksi serta hasil nya pun mengiurkan para petani di aceh.

kali ini pemerintah kabupaten pidie jaya melalui dinas pertanian dan pangan setempat telah menyalurkan ratusan kilo gram bantuan bibit jagung kepada para petani nya,  bantuan ini untuk meningkatkan ekonomi petani di masa pandemi covid-19.

namun kali ini sekitar lima ratusan hektar kebun jagung milik petani di kawasan bandar dua ulee glee,  kabupaten pidie jaya, telah memasuki masa panen raya dengan hasil nya pun sangat bagus sehingga membuat para petani menjadi semangat.

sementara itu jamaluddin selaku petani jagung di kawasan kumba, kecamatan bandar dua ulee glee, pidie jaya, menyatakan bahwa di kawasan kecamatan bandar dua ulee glee ada sekitar lima ratus hektar lebih penanaman jagung milik petani dengan bibit bantuan pemerintah setempat.

Gnamun saat ini harga jagung di tingkat agen pengumpul perkilo nya di beli seharga tiga ribu lima ratus rupiah dengan kondisi kadar air, maka apabila kadar air nya kering bisa mencapai empat ribu lima ratus hingga empat ribu delapan ratus rupiah perkilo gram nya.

kali ini para petani menargetkan hasil panen jagung perhektar nya mencapai delapan ton jagung dengan kondisi kadar air nya kering yaitu kadar nya sekitar 16,  jadi panen pun kali ini satu hektar mencapai sebelas ton perhektar nya, petani selama ini menjual jagung ke para agen pengumpul yang datang ke desa mereka.

sementara itu kabid produksi pertanian dan pangan pidie jaya,  Syafri Sallam, menyebutkan bahwa pihak nya setiap tahun menargetkan dua ribuan hektar tanaman jagung di kabupaten pidie jaya dengan benih yang di berikan merek pioner p32 yaitu benih hibrida.

selain menargetkan dua ribu hektar jagung pihak nya juga terus mengalakan penanaman jagung di kalangan masyarakat agar para petani terus meningkat ekonomi nya di masa masa pandemu saat ini, jagung jagung INI nanti nya akan di jual ke sumatera utara melalui agen agen pengumpul yang datang ke desa desa setiap kali panen jagung.(red).
Bagikan:
KOMENTAR