Gubernur Ini Mundur karena Kasus Pelecehan terhadap 11 Perempuan Terungkap


Rabu, 11 Agustus 2021 - 22.22 WIB



NEW YORK- Gubernur New York, Andrew Cuomo, menyampaikan pengunduran diri secara terbuka dalam pidato selama 20 menit yang disiarkan televisi. Cuomo memilih mundur karena terancam dimakzulkan setelah kasus pelecehan yang dilakukannya terhadap 11 perempuan terungkap.

Dalam pidatonya, Cuomo mengatakan, tidak terlibat dalam kasus tersebut namun siap bertanggung jawab. Sementara Jaksa Agung New York, Letitia James, menyatakan kasus ini terungkap setelah tim mengadakan penyelidikan selama 5 bulan.

"Saya kira, mengingat situasi ini, cara terbaik yang dapat saya bantu sekarang adalah mundur dan membiarkan pemerintah kembali ke pemerintah. Itulah yang akan saya lakukan," kata Cuomo, dikutip dari Reuters, Rabu (11/8/2021).

Dokumen penyelidikan setebal 168 halaman mengungkap, Cuomo meraba-raba, mencium, atau menyampaikan komentar sugestif kepada perempuan pegawai pemerintah yang masih bekerja maupun tidak. Cuomo dituduh melanggar UU Federal AS dan negara bagian.

Desakan mundur kepada Cuomo muncul dari banyak pihak termasuk Presiden AS Joe Biden. Kasus ini memupuskan rencananya untuk maju dalam pemilihan presiden AS berikutnya.




Sumber : iNews.id

Bagikan:
KOMENTAR