Mesin Kapal Rusak, Nelayan asal Sabang Terapung 7 Hari hingga Dievakuasi di Thailand


Sabtu, 19 Juni 2021 - 20.07 WIB



BANDA ACEH- Nelayan asal Sabang, Aceh, Ade Elfikar (40) terapung hingga ke perairan Racha Selatan, Pulau Phuket, Thailand, karena mengalami kerusakan mesin kapal. Ade lantas diselamatkan kapal Thailand.


Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, mengungkapkan, Ade terdampar selama 7 hari sejak melaut pada Minggu (6/6/2021) hingga diselamatkan di Thailand, Minggu (13/6/2021). Dia pergi melaut untuk mencari ikan namun mesin perahunya mengalami kerusakan.


"Rusak mesin boat nya, sehingga dia tidak bisa pulang maka timbul niat kita mencari, dan akhirnya kita dapat kabar telah diselamatkan pihak Thailand," ujar Miftach, Jumat (18/6/2021).


Miftach menyatakan, pihaknya terus mengadvokasi pemulangan nelayan tersebut melalui Pemerintah Aceh. Selanjutnya proses tersebut ditindaklanjuti ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).


Menurut Miftach, proses pemulangan tidak bisa dilakukan cepat. Sebab harus menyiapkan kelengkapan administrasi mulai dari visa dan berbagai persyaratan lainnya.


"Kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh melalui DKP Aceh dan dengan PSDKP Banda Aceh hingga diteruskan pada KKP dan ke KBRI," kata Miftach.





Sumber :INews.id

Bagikan:
KOMENTAR