Mesjid Baitul Qaramah Panteu Breuh kembali dibangun


Selasa, 17 November 2020 - 18.36 WIB





LHOKSUKON — Masjid Baitul Qaramah di Kemukiman Keude Panteu Breuh, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara mulai dibangun kembali berdasarkan keputusan bersama. Pembangunan ulang tersebut ditandai dengan perobohan bangunan lama di lingkaran masjid yang dilakukan sejak Minggu (15/11/2020) kemarin.


Ketua umum panitia pembangunan Masjid Baitul Qaramah, Tgk. Abdullah Hasbullah, S. Ag kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Senin (16/11/2020), mengatakan perobohan bangunan lama berdasarkan kesepakatan bersama dari 14 Gampong yang bernaung dalam Kemesjidan Kemukiman Keude Panteu Breuh.


"Pembongkaran bangunan lama ini berdasarkan keputusan 14 Gampong dan juga berdasarkan keputusan Almarhum Abu Karimuddin dulu suruh periksa kualitas bangunan itu dan kemudian keluar surat keputusan dari Dinas PU untuk dihentikan kelanjutan pembangunan, karena bangunan tersebut tidak ada gambar dan tidak besteck-nya" kata Tgk Abdullah.


Abdullah menuturkan, pihaknya dipercaya sebagai panitia pada tahun 2016 untuk melanjutkan pembangunan Masjid Baitul Qaramah ini. Sebelum dilanjutkan, pihak panitia terlebih membuat rapat di masjid dan juga meminta gambar bangunan pada Muspika pun tidak ada, sehingga secara real bangunan tersebut dihentikan.


"Kemudian masyarakat meminta dibuat gambar, sehingga kami membuat rapat lagi dan mengundang konsultan untuk membuat gambar baru," ujarnya yang didampingi Tgk. H. Dahlan Ilyas alias Haji Yan dan sejumlah tokoh agama.


Nantinya, lanjut Tgk Abdullah, bekas-bekas bangunan yang sudah dirobohkan itu akan dilakukan jadikan material timbunan, begitu juga besi-besi akan dimanfaatkan sebisa mungkin untuk pondasi dasar bangunan baru.


"Dengan demikian kita harapkan pembangunan masjid ini cepat selesai dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan semua elemen terbuka hati untuk sama-sama membangun rumah Allah sehingga kembali pada dasar tujuan kita adalah pembangunan Masjid ini cepat selesai dan berjalan dengan lancar," tuturnya lagi.


Sementara Haji Yan juga sangat berharap kepada semua pihak untuk sudi kiranya dapat menyumbang kemampuan dan pikiran yang tentunya adalah membangun rumah Allah merupakan tanggungjawab kita semua di dunia.


Sebagaimana diketahui, Kemesjidan Kemukiman Keude Panteu Breuh ini meliputi 14 Gampong yang diantaranya Gampong Panteu Breuh, Meudang Ara, Lhok Seutui, Alue Bili, Krueng Lingka Barat, Krueng Lingka Timu, Alue Jamok, Meunasah Geudong, Alue Keutapang, Rambong Dalam, Cot Ara, Alue Dama, Alue Bili Rayeuk dan Alue Geulumpang. [JAMAL]

Bagikan:
KOMENTAR