Karang Taruna Beureuteh Jaya Aceh Utara Lakukan Pelatihan Las, Ciptakan Peluang Kerja Bagi Pemuda


Senin, 16 Desember 2019 - 16.34 WIB


Lhoksukon – Antisipasi angka pengangguran, Pemerintah Gampong Nibong Wakeuh Kecamatan Nibong Kabupaten Aceh Utara melakukan Pelatihan Pengelasan untuk Pengurus dan Anggota Pemuda Karang Taruna “Beureuteh Jaya” Gampong Nibong Wakeuh.


Kegiatan Pelatihan tersebut bersumber dari Program Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa (P3MD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBGampong) Gampong Nibong Wakeuh Tahun Anggaran 2019, Kegiatan tersebut dilaksanakan dari Tanggal 7 s/d 16 Desember 2019 di Meunasah Gampong Nibong Wakeuh.



Geuchik Gampong Nibong Wakeuh Zainal Abidin, mengatakan bahwa Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian bagi pemuda Karang Taruna dan masyarakat, kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 50 Pemuda Karang Taruna berusia 17-45 Tahun. Dimana kegiatan ini merupakan lanjutan pelatihan dari tahun sebelumnya.



Geuchik Gampong Nibong Wakeuh  menjelaskan bahwa, dalam kegiatan tersebut telah diajarkan dan diberikan ilmu kepada para peserta tentang bagaimana melakukan pengelasan yang baik, tentunya ilmu tersebut akan diberikan dari narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya, Ujarnya.



Dengan diberikannya bekal ilmu melalui pelatihan ini, semoga para peserta dapat berkreasi dan dapat menciptakan usahanya masing-masing di kemudian hari,” harap Zainal Abidin.



Sementara itu Ketua Karang Taruna Beureuteh Jaya Gampong Nibong Wakeuh Muhammad Yanis, mengatakan bahwa keberadaan pemuda Karang Taruna saat ini sudah difungsikan untuk membangkitkan kembali keberadaan Pemuda Karang Taruna yang ada di Gampong Nibong Wakeuh, karena Pemuda Karang Taruna merupakan ujung tombak bagi Pemerintah Gampong, apa saja kegiatan Pemerintah maka selalu ada Karang Taruna nya.


Muhammad Yanis berharap, semoga para pemuda disini dapat memiliki skill, karena dengan adanya skill dasar tersebut, tentunya dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.


Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah dan Masyarakat Gampong Nibong Wakeuh Kecamatan Nibong yang sangat peduli terhadap Pembinaan/Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Beureuteh Jaya Gampong Nibong Wakeuh.


Sarjani juga mengharapkan agar para pemuda-pemuda  yang telah  ikut serta dalam pelatihan ini dapat bersinergi dalam pembangunan di Kabupaten Aceh Utara kedepannya.


Untuk menyumbangkan hal besar, haruslah dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, karena banyak yang bisa dilakukan oleh Karang Taruna, seperti melatih berorganisasi yang kompak dan sehat, sebagai ajang untuk bersilaturahmi, serta melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang positif,” ujar Sarjani.


Sebagai organsiasi sosial kepemudaan, Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan yang bernilai tambah, dengan memberdayakan segala potensi yang tersedia di lingkugannya yang langsung menyentuh kedalam kehidupan masyarakat. Ujar Sarjani.


Sarjani berharap, semoga kegiatan seperti ini yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Gampong Nibong Wakeuh untuk pembinaan Pemuda Karang Taruna Beureuteh Jaya dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Gampong lainnya yang ada di Aceh Utara untuk membina Para Pemuda Karang Taruna yang ada di Gampong Masing-masing, harapnya (Red)

Bagikan:
KOMENTAR