Sekda Aceh Utara Buka BID Kecamatan Lhoksukon


Rabu, 28 Agustus 2019 - 20.25 WIB


LHOKSOKON  - Dalam rangka mendorong peningkatan kualitas penggunaan dana desa di Kecamatan Lhoksukon, Tim Pengelola Inovasi Desa menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) yang dipusatkan di Balai Pertemuan Panglateh Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (28/08).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Bursa Inovasi Desa Kita Tingkatkan Kreatifitas Desa Untuk Menuju Desa Maju, Mandiri dan Unggul”, yang dibuka Sekdakab Aceh Utara, Abdul Aziz.

Ketua Panitia, Ibnu Sabil yang juga sebagai Ketua TPID Kecamatan Lhoksukon, melaporkan, melalui program inovasi desa diharapkan masyarakat gampong mampu melakukan inovasi serta meningkatkan pengetahuan agar mampu bersaing dengan gampong lain yang telah maju.

Keberadaan tenaga pendamping gampong juga diharapkan mampu membina dan memberikan ide-ide bagi masyarakat dalam menyusun anggaran gampong agar mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat setempat.

“Dengan kegiatan bursa inovasi ini agar desa dapat menjadikan sebagai pilihan kegiatan inovatif dalam perencanaan dan penganggaran desa tahun 2020 nanti, serta menjadi alternatif kegiatan pembangunan gampong dalam penggunaan Dana Desa (Gampong) yang lebih efektif,” kata Ibnu.

Sekdakab Aceh Utara, Abdul Aziz, mengatakan, pelaksanaan bursa inovasi desa diharapkan dapat memberikan motivasi dan inovasi baru bagi desa untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan mengembangkan potensi yang ada di masing-masing gampong (desa) agar kedepan dapat semakin mandiri dalam ekonomi yang ditopang oleh berbagai BUMDes yang ada didesa-desa.

Ditekankannya bahwa inovasi desa ini bertujuan untuk mendongkrak dan membangkitkan semangat dalam melakukan hal-hal terkait pembangunan desa.

“Sebagai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada. semua pihak dalam menyukseskan program. Inovasi desa di wilayah Kecamatan Lhoksukon,” ungkapnya(Red).

Bagikan:
KOMENTAR