GBK Pidie Jaya dilatih manajemen kelas inklusif


Rabu, 21 November 2018 - 14.27 WIB


PIDIE JAYA - Dalam menidaklanjuti Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 29 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif,  Disdik Pidie Jaya melatih 55 orang  Guru Bimbingan Khusus (GBK) selama 4 hari dari tanggal 19 s.d 22 november 2018, bertempat di SMPN 2 Meureudu, Selasa (20/11/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya, Saiful, M.Pd mengatakan Setiap siswa ABK yang menjalani proses belajar perlu mendapatkan layanan khusus dan maksimal serta harus memperoleh dukungan dari lingkungan, orang tua dan masyarakat.

Serta  khususnya guru-guru, dan seluruh tenaga kependidikan yang berinteraksi dengan siswa tersebut, termasuk sarana dan fasilitas sekolah yang menunjang akses belajarnya serta program pendidikan khusus siswa ABK.

Maka dari hal tersebut dukungan dari lingkungan dengan support-system dari institusi sekolah dan guru untuk menjawab tantangan persoalan tumbuh kembang anak (khususnya ABK) terutama dalam proses belajarnya.


Tanpa adanya pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dari orang tua, guru dan pihak terkait akan berdampak kepada  perkembangan anak dan akses terhadap kesempatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) guna menata kehidupan masa depan mereka sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Untuk itu Kadis mengharapkan kepada semua peserta pelatihan harus benar benar mengikuti dengan disiplin, serius, dan ikhlas, supaya ilmu yang didapat bisa berkah.

Sementara Kasi SD Disdik Pidie Jaya Zulwanis, S.Pd, menyatakan peserta pelatihan kali ini dilatih tentang Memahami karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus & cara membantu mereka (ABK); Memahami Menejemen kelas inklusif & Strategi KBM yang fleksible & akomodatif; Memahami perangkat pembelajaran / media belajar untuk ABK; Menyusun Rencana pembelajaran individual serta  Media pembelajaran bagi AB; Praktek mengajar di sekolah inklusif.

 Yang dilatih oleh Narasumber Nasional bapak Dr. Dadang Garnida, M.Pd dari PPPPTK PAUD dan PLB, Bandung dan Istiarsyah, M.Ed dari SLBN Abdya.(Mashadi)
Bagikan:
KOMENTAR