NTB Diguncang Gempa, Getarannya Terasa Hingga ke Bali


Minggu, 05 Agustus 2018 - 20.29 WIB


Ist
LOMBOK - Getaran gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, terasa hingga ke Bali. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Ngurah Rai sempat panik akibat gempa tersebut.


"Gempa hampir dirasakan di seluruh bali," demikian laporan jurnalis TransMedia I Gede Nyoman Wiryadinatha seperti disiarkan CNNIndonesia TV, Minggu (5/8).


Getaran gempa tersebut juga merusak sejumlah bangunan. "Di beberapa mal di Galeria di Kuta, beberapa Pura juga mengalami kerusakan. Termasuk bandara, ada beberapa ruangan yang retak," katanya.


Nyoman mengatakan gempa dirasakan warga selama sekitar satu menit. "Warga di jalanan sempat berhenti, lalu mulai lagi warga yang di jalanan merasakan goncangan. cuaca mendung dari pagi gerimis hujan lebat, lebih banyak warga di rumah, mereka kaget dan berhamburan menyelamatkan diri," katanya.


Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa itu.


Sementara itu seorang warga Barry Kusuma mengatakan getaran terasa hingga di Bandara Ngurah Rai.


"Di bandara gempanya lumayan terasa gede sampe crane goyang banget terus orang berhamburan keluar," kata Barry ketika dihubungi CNNIndonesia.com.


Barry mengatakan gempa susulan juga sempat terjadi.


"Ada gempa susulan gempa enggak lama setelah gempa yang pertama. Gempa susulan (kekuatannya) lumayan lama sekitar dua menit," katanya.


Dari Mataram, sejumlah warga juga merasakan gempa bumi. Saat ini mereka berjaga-jaga di depan rumah karena khawatir gempa susulan.


"Tadi gempa jam 19.46 Wita, lumayan terasa selama satu menit," kata Wahyu.


BMKG menyatakan gempa berkekuatan 7,0 SR dan berpotensi tsunami.


"Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat," demikian keterangan BMKG dalam laman BMKG.go.id.


Masyarakat diimbau waspada. "Waktu tiba gelombang dapat berbeda, Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar," tulis BMKG.


Sumber: CNNIndonesia
Bagikan:
KOMENTAR