Kepala BIN Kutuk Tindakan Keji Teroris


Kamis, 10 Mei 2018 - 15.34 WIB


Net
JAKARTA - Kepala Badan Intelejan Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) mengutuk keras tindakan keji yang dilakukan oleh narapidana terorisme kepada anggota polisi di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.


Seperti diketahui, akibat kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam itu, 5 polisi gugur dengan luka-luka parah. Mulai dari sayatan hingga tembakan di kepala.


"Tindakan para napi terorisme tersebut sangat biadab dan sudah di luar batas-batas kemanusiaan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, kamis (10/5/2018).


"Oleh karenanya mereka harus dituntut dan diadili berdasarkan hukum yang berlaku," sambung mantan Wakapolri tersebut.


Atas kejadian itu, BIN tutur BG, menyampaikan rasa duka cita dan bela sungkawa yang sedalam- dalamnya. Menurut dia, kelima anggota Polri tersebut gugur sebagai syuhada prajurit Polri.


BG juga memuji jajaran Polri yang telah mampu menyelesaikan tugas penanggulangan terorisme. Sebanyak 155 napi terorisme menyerahkan diri.


Sementara itu satu anggota polisi yang sempat disandera yakni Brigadir Kepala Iwan Sarjana berhasil dibebaskan.


Rutan Mako Brimob pun bisa kembali dikuasai oleh Polisi setalah sektar 40 jam dikuasai oleh napi terorisme.


BG menilai, kerusuhan di Rutan Mako Bromob adalah kerusuhan domestik yang bisa dikendalikan dan tidak menimbulkan gangguan stabilitas nasional.


Meski begitu, BIN juga menilai tindakan perlawanan narapidana dan tahanan tersangka terorisme mengirimkan pesan nyata bahwa terorisme adalah ancaman laten.


"Terus terjadi dan menuntut kerjasama semua pihak untuk menanganinya secara tegas dan tuntas," kata BG.


Sumber: Kompas
Bagikan:
KOMENTAR