Acheh Future Minta Pemerintah Bentuk Timsus untuk Menyelesaikan 'Sumur Minyak' di Aceh Timur


Minggu, 06 Mei 2018 - 10.37 WIB


IDI - Pasca musibah kebakaran sumur minyak tradisonal di Pasir Putih, Ranto Peurlak beberapa hari yang lalu, akibat dari musibah kebakaran sumur minyak tradisonal tersebut polisi telah menangkap Geusyik, bersama sejumlah masyarakat, dan kini Geusyik telah dibebaskan dengan penangguhan penahanannya.


Terkait dengan hal tersebut Bupati Kabupaten Aceh Timur menyikapi sumur minyak tradisonal yang beroperasi di kawasan Ranto Peurelak akan ditutup karena diduga tidak mengatongi perizinan dari Pemerintah setempat, tapi lain halnya dengan tanggapan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam menjawab pertayaan wartawan tentang sumur minyak tersebut akan ditutup.


"Gubernur Aceh mempertimbangkan saran-saran dari semua pihak di mana pengolahan sumur minyak tersebut perlu diberikan izin dan diawasi oleh tenaga technik.


Seperti yang diberitakan di sejumlah media masa, Jum'at (4/5), ribuan massa melakukan penyanderaan setelah Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib alias Rocky tidak mau bertemu dengan perwakilan massa yang meminta agar sumur minyak tidak ditutup.


Kedatangan Rocky ke Desa Pasir Putih untuk mendampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos).


Dalam aksi tersebut bila tutuntannya tidak dikabulkan, maka masyarakat siap jadi perampok.


Sementara itu, Ketua LSM Acheh Future Razali Yusuf meminta Gubernur Aceh untuk membentuk tim khusus dalam menyelesaikan masalah sumur minyak tradisonal tersebut.


"Menurut hemat kami, Bupati Aceh Timur tidak mampu menyelasaikan permasalahan ini, kita takutkan akan berdampak tidak baik, dan akan tumbuh kasus barus karna kekecewaan dalam masyarakat," katanya, Minggu (6/5).


Razali sangat mensesalkan sikap Bupati Aceh Timur yang tidak merakyat, sehurusnya di saat beliau mendampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, menyisihkan sedikit waktu untuk mendengar aspirasi ribuan masyarakat setempat. (ril/kas)
Bagikan:
KOMENTAR