Di PBB, RI Ajak Negara OKI Beri Bantuan Logistik ke Rohingya


Rabu, 20 September 2017 - 07.38 WIB


New York - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang khusus membahas Rohingnya di sidang tahunan PBB. Indonesia mengajak negara-negara OKI untuk memberikan bantuan logistik bagi pengungsi Rohingnya.


JK mengatakan semua negara yang hadir sepakat untuk membuat komunike (pernyataan bersama) agar Myamnar menghentikan kekerasan.


"Tapi saya bilang tidak hanya komunike. Kita bersama-sama membantu masyarakat itu sendiri dulu dengan logistik, dengan bantuan. Itu yang dibicarakan," kata JK di sela-sela kegiatannya di New York, Amerika Serikat, Selasa (19/9/2017).


Menurut JK, hanya Indonesia yang diperbolehkan oleh Myanmar masuk ke wilayahnya untuk memberikan bantuan, meski saat ini pihak Myanmar lebih memperketat masuknya pihak asing ke daerahnya. "Pada akhirnya kita bantu lewat Bangladesh," katanya.


Pada pertemuan itu, lanjut JK, lebih menghasilkan sebuah kesepakatan politik karena dunia internasional tidak dapat langsung mengintervensi masalah dalam negeri suatu negara.


"Hanya tekanan internasional termasuk UN dibutuhkan. Karena UN sendiri berdasarkan tim pencari fakta di bawah Kofi Annan dan negara lain termasuk OKI untuk memikirkan pressure politik sehingga dapat lebih terbuka," jelasnya. (detik.com)
Bagikan:
KOMENTAR