Babak Pertama, Indonesia Tertinggal 0-2 dari Vietnam


Senin, 11 September 2017 - 16.36 WIB


Jakarta - Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 oleh Vietnam di babak pertama laga ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017.


Bertanding di Thuwunna Stadium, Senin (11/9/2017), ancaman pertama langsung dilepaskan Vietnam. Crossing dilepaskan dari sisi kanan pada menit pertama, namun kiper Muhamad Riyandi bisa menangkapnya.


Ancaman kedua Vietnam datang semenit berselang. Bola liar bergulir ke kotak penalti, dengan Le Van Nam mengejarnya. Bola bisa disapu, namun Riyandi jadi tertabrak striker Vietnam.
Indonesia coba keluar dari tekanan. Egy Maulana Vikri beberapa kali merepotkan lini pertahanan Vietnam dengan skill individunya. Namun belum ada yang membahayakan gawang lawan.


Hingga menit ke-10, kedua tim masih berimbang. Indonesia dan Vietnam masih berupaya membongkar pertahanan dengan lebih banyak duel di lini tengah.


Di menit 14, Le Quang Vinh melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun bola belum mengarah ke gawang Indonesia.


Indonesia membalas di menit ke-17, Egy yang melihat pergerakan Saddil Ramdani mengirim bola dari sisi kanan. Bola rupanya lebih dulu ditangkap kiper Y E Li Ni E.


Memasuki menit ke-25, perebutan bola lebih banyak bergulir di tengah. Pressing ketat yang dilakukan Vietnam membuat Indonesia cukup kesulitan mengirim bola ke depan.


Di menit ke-30, Vietnam menebar ancaman lagi di kotak penalti Indonesia. Memainkan bola terlebih dahulu, sepakan mendatar sang kapten, Pham Van Luan, cuma melebar ke sisi kanan.


Di menit 32, Indonesia mendapat tendangan bebas. Tapi sepakan Saddil Ramdani bisa diblok pagar betis Vietnam. Semenit berselang, tendangan Muhamad Luthfi juga masih melayang ke atas mistar gawang lawan.


Pelanggaran Nurhidayat dekat kotak penalti membuat Vietnam mendapat tendangan bebas dari posisi yang cukup ideal pda menit 35. Sepakan Le Van Xuan yang menjadi eksekutor bisa ditepis Riyandi. Sepak pojoknya kemudian juga bisa diredam. Aksi itu membuat Riyandi cedera dan digantikan Muchamad Aqil Savik di menit 38.


Di menit ke-40, Vietnam unggul 1-0. Berawal dari sepak pojok yang berbuah kemelut, Le Van Nam merobek gawang Aqil dengan tendangan keras di dalam kotak penalti.


Nyaris! Tiga menit berselang, Indonesia punya kans menyamakan kedudukan. Umpan menyilang dari sisi kiri diterima Rifad Marasabessy di sisi kanan. Namun tendangannya bisa diblok kiper Vietnam.


Vietnam justru bisa melebarkan keunggulan di menit 45. Le Van Nam kembali menjadi momok, dengan sundulannya membelakangi gawang membuat bola bergulir ke tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Aqil. Skor 2-0 untuk Vietnam menutup babak pertama.
Susunan Pemain
Indonesia U-18: Muhamad Riyandi (Muchamad Aqil Savik 38')), Firza Andika, Nurhidayat Haris, Rachmat Irianto (c), Rifad Marasabessy, M Luthfi Kamal, Saddil Ramdani, Syahrin Abimanyu, Egy Maulana, Muhammad Iqbal, Hanis Saghara


Vietnam U-18: Y E Li Ni E, Thai Ba Sang, Bui Hoang Viet Anh, Lieu Quang Vinh, Pham Van Luan (c), Le Van Xuan, Tran Van Cong, Tran Bao Toan, Truong Tien Anh, Le Xuan Tu, Le Van Nam (detik.com)
Bagikan:
KOMENTAR