Isu Penculikan Anak, Illiza Minta Sekolah Tingkatkan Pengawasan


Kamis, 23 Maret 2017 - 08.27 WIB


BANDA ACEH - Isu penculikan anak di Kota Banda Aceh sudah meresahkan para guru dan orangtua murid di sekolah-sekolah. Sejumlah sekolah dasar atau madrasah mulai memperketat keamanan dan pengawasan. Menanggapi kegelisahan orangtua dan guru ini, Walikota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal meminta pihak sekolah meningkatkan kewaspadaan.


"Saya intruksikan kepala Dinas Pendidikan agar seluruh sekolah dihimbau untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap para siswanya, terutama pada saat jam pulang anak sekolah," kata Illiza di Balai Kota, Rabu (22/3/2017).


"Jangan mudah percaya jika ada orang asing yang hendak menjemput siswa, jika ragu pastikan pihak sekolah menghubungi orangtuanya terlebih dahulu," tambah Illiza.


Menindaklanjuti instruksinya tersebut, sambung Illiza, Disdik Banda Aceh telah mengadakan rapat dengan seluruh kepala SD untuk meningkatkan pengawasan pada saat jam sibuk waktu masuk dan pulang sekolah.


Hasil rapatnya, sekolah tidak mengizinkan siswa dijemput oleh orang yang mengatasnamakan keluarga namun tidak dikenal oleh pihak sekolah. Selanjutnya dalam waktu dekat pihak sekolah juga akan mengadakan rapat dengan orangtua siswa untuk membahas hal tersebut.


Terkait isu penculikan anak dengan motif penjualan organ tubuh, Illiza menyebutkan terlepas dari benar atau tidaknya isu tersebut, para orangtua, pihak sekolah dan masyarakat pada umumnya tetap harus meningkatkan kewaspadaan demi keselamatan anak.


"Soal isu itu kita ambil hikmahnya saja, sehingga meningkatkan kepedulian kita pada anak. Mungkin selama ini kita terlalu lalai dengan gadget maupun rutinitas sehari-hari sehingga anak-anak terabaikan. Waspada menjadi keharusan kita semua," tutur Illiza.


Para orangtua, kata Illiza semestinya juga memberikan pemahaman kepada anak agar jangan begitu saja percaya kepada orang yang tidak dikenal yang mendekatinya. "Baik saat hendak pulang sekolah maupun saat bermain di luar rumah. Ajarkan kepada anak kita untuk segera melapor kepada guru atau Satpam jika ada orang asing yang mendekatinya. Ada baiknya juga kita selaku orangtua selalu mendampingi putra-putri kita saat bermain di luar rumah," pesan Illiza. [acehterkini]
Bagikan:
KOMENTAR