Prevalensi Stunting di Aceh Utara Dapat Ditekan Dengan Pemberian Imunisasi Lengkap


Minggu, 18 Februari 2024 - 17.05 WIB



Aceh Utara – Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si, melalui Kaban Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMPPKB), Fuad Mukhtar, S.Sos., M.S.M., menekankan pentingnya imunisasi lengkap dalam menekan angka stunting pada anak-anak.


“Imunisasi tidak hanya melindungi anak dari penyakit, tetapi juga menjadi faktor penting pendukung sebagai upaya mencegah stunting,prevalensi stunting pada anak yang tidak diimunisasi dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang diimunisasi lengkap” Kata Fuad


Lanjutnya, Anak yang diimunisasi lengkap hanya sekitar 10 persen yang menderita stunting, sementara yang tidak diimunisasi sebanyak 21,1 persen. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara imunisasi dan stunting.


Fuad mengajak untuk memberikan perhatian penuh bagi pertumbuhan anak dengan tidak mengabaikan imunisasi, terutama dalam upaya pencegahan stunting. “Imunisasi penting sekali dalam mencegah stunting, kita harus fokus pada pemberian asupan gizi dan imunisasi lengkap.”


Dalam konteks ini, ia menegaskan bahwa anak-anak rentan terjangkit penyakit berbahaya seperti difteri, campak, pneumonia, polio, dan lainnya. Namun, dengan imunisasi lengkap, semua penyakit tersebut dapat dicegah.


Fuad juga mengajak para Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Kader Posyandu, Pengurus PKK di seluruh Aceh Utara untuk terus semangat dan tidak pernah lelah dalam mengkampanyekan program pemberian gizi dan imunisasi.


Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi lengkap sebagai langkah awal dalam menangani masalah stunting pada anak-anak.


“Upaya pencegahan stunting tidak hanya terfokus pada asupan gizi, tetapi juga melibatkan langkah-langkah proaktif seperti imunisasi lengkap guna menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di masa depan. Untuk itu, kita terus melakukan edukasi dan sosialisasi, serta kolaborasi, sehingga capaian imunisasi lengkap terwujud.”


Selain itu, pemerintah Kabupaten Aceh Utara juga terus melakukan upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan imunisasi. Program-program penyuluhan dan sosialisasi tentang pentingnya imunisasi lengkap terus digalakkan, baik melalui kampanye langsung maupun melalui media massa.


“Dengan adanya kesadaran yang semakin meningkat dari berbagai pihak, serta peran aktif pemerintah dan tokoh masyarakat, diharapkan angka stunting pada anak-anak dapat terus menurun di Kabupaten Utara.”


Imunisasi lengkap bukan hanya menjadi tanggung jawab individu atau keluarga, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama untuk menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di masa yang akan datang. (ADV)


Bagikan:
KOMENTAR