Pj Bupati Aceh Utara Dan Pangdam IM Tanam Jagung Perdana


Kamis, 25 Mei 2023 - 15.59 WIB



Lhoksukon - Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, turut bersama Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen Novi Helmy Prasetya, MIP, melakukan penanaman perdana tanaman jagung di Gampong Ulee Geudong Kecamatan Sawang, Selasa, 23 Mei 2023.


Panglima Kodam IM Mayjen Novi Helmy Prasetya dan rombongan tiba di Gampong Ulee Geudong pada Selasa pagi sekitar pukul 08.00 WIB, disambut oleh Pj Bupati Azwardi, AP, MSi, turut didampingi oleh Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel  Kav Kapti Hertantyawan dan Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono, MIP.


Pangdam IM dan rombongan secara khusus datang ke sana untuk memulai program penanaman jagung di atas areal yang telah disiapkan beberapa waktu belakangan ini. Penanaman jagung itu diinisiasi oleh Kodam IM bertajuk "I 'M Jagong" merupakan bagian dari program pengembangan ekonomi masyarakat dan menjaga ketahanan pangan nasional, khususnya melalui bidang budidaya pertanian tanaman pangan.


Program penanaman jagung ini terlaksana atas kerjasama pihak Kodim 0103/ Aceh Utara dengan Kelompok Tani Gerakan Petani Ulee Geudong (Garpu) diketuai oleh Mahmudi, dengan luas areal 50 hektar. Areal inilah yang mulai ditanami saat ini. Kawasan perbukitan ini merupakan lahan tadah hujan, namun juga telah dilengkapi dengan sumur bor untuk kebutuhan pengairan.


Dalam sambutan singkat Pangdam IM Mayjen Novi Helmy Prasetya, MIP, mengatakan penanaman jagung ini akan terus dimonitoring pihaknya, mulai dari pengadaan benih terbaik, pengadaan pupuk, juga hasil panen nanti akan dibeli pihaknya dengan harga standar nasional sebagai bahan baku pakan ternak.


Mayjen Novi mengatakan program penanaman jagung ini ditargetkan seluas 3.000 hektar di seluruh wilayah Aceh, dengan rincian di wilayah Korem 012/TU seluas 1.000 hektar, di wilayah Korem 011/LW seluas 1.000 hektar, dan di wilayah Kodim 0101/Aceh Besar 1.000 hektar.


Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono, MIP, dalam laporannya mengatakan pihaknya menyiapkan dua lokasi lahan jagung di Kabupaten Aceh Utara, yaitu di Kecamatan Sawang dan Kecamatan Langkahan.


Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, sangat mengapresiasi program budidaya tanaman jagung yang digagas oleh Kodam IM berlokasi di Gampong Ulee Geudong Kecamatan Sawang. "Dengan adanya penanaman atau budidaya jagung seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat, apalagi program ini digerakkan oleh pihak Kodam mulai dari pengolahan tanah, pengadaan pupuk, dan penyediaan benih jagung," kata Azwardi.


Diharapkan kepada masyarakat yang mendapat bantuan ini agar memanfaatkannya dengan baik, sehingga program ini dapat menjadi pemacu denyut ekonomi pertanian di kawasan ini.


"Kita sangat yakin bahwa program ini akan sukses untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, untuk itu masyarakat pun harus serius dan kontinue melanjutkan budidaya ini pada waktu-waktu mendatang."


Sejumlah pejabat Aceh Utara turut hadir  pada acara itu, di antaranya Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Lilis Indriansyah, MP, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Syarifuddin, ST, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Erwandi, SP, MSi, dan Kabag Humas Muslem Araly, SSos.(ADV) 

Bagikan:
KOMENTAR