Pj Bupati Aceh Utara Tinjau kelompok garam Seunuddon


Senin, 19 September 2022 - 11.44 WIB



Aceh Utara -  Pj Bupati Aceh Utara Azwardi,AP,.M.Si meninjau kelompok garam dan  melakukan panen perdana di tambak garam yang dikelola oleh Kelompok Udin Sira di Desa Bantayan,  Seunuddon, Sabtu (17/9/2022).


Pada kesempatan Panen garam yg ditunggu tunggu itu, Azwardi didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Syarifuddin, Kabid Perikanan Tangkap Rawan Ruswawijaya, Camat Seunuddon, Penyuluh Perikanan dan seluruh rombongan pejabat kabupaten Aceh Utara.


Pj. Bupati Aceh Utara dan rombongan usai menghadiri dialog Kebangsaan bagi pemuda Gampong Kecamatan  Sawang sekira pukul 15.30 Wib   langsung  menuju ke salah satu lokasi  tambak tempat budidaya garam yang siap dipanen di Gampong Bantayan seunuddon


PJ Bupati Aceh Utara  Azwardi, menyebut garam Tunnel yang dipanen di lokasi itu memiliki kualitas sangat baik,sudah dikaji dan diteliti oleh tenaga Penyuluh Baik dari provinsi maupun dari Dinas Kelautan perikanan Aceh Utara, ini akan menjadi nilai tambah bagi kelompok daerah ini, selain bisa konsumsi lokal juga untuk luar daerah



Untuk panen garam di lokasi tersebut, ketua kelompok Udin Sira, menyebutkan akan memanen sekitar 4,5 ton garam. Dari 10 Tunnel yang dikelola yang di bangun oleh DKP Aceh, pihak kelompok garam udin sira baru memanen di lima meja ( Tunnel berukuran 4 x10 M). Untuk setiap meja garam minimal menghasilkan 800 kilo gram garam.


Kepada Pj Bupati Aceh Utara, Ketua kelompok garam Udin Sira, T. Miftahuddin menjanjikan akan mengupayakan memproduksi sekitar 20 ton garam pada bulan oktober mendatang.


lKepala DinaKelautan dan Perikanan Aceh Utara Syarifuddin, berharap agar pembangunan tunnel garam di Aceh Utara terus bertambah, baik yang di bangun oleh KKP-RI, DKP Aceh, serta DKP Kabupaten Aceh 


Pada bulan Agustus 2022 DKP Aceh telah melakukan serah terima bantuan pembangunan Tunnel Garam kepada kelompok udin sira di desa Bantayan Kec. Seunddon Aceh Utara, dan ini merupakan panen perdana dari tunnel tersebut.


Pj. Bupati dan DKP Aceh Utara  mengapresiasi kinerja Kelompok Udin Sira. Butuh waktu satu bulan setelah serah terima tunnel garam kelompok Udin Sira bisa di panen perdana, selanjutnya Pj Bupati berharap dengan potensi laut yang cukup besar dapat memproduksi garam untuk  memenuhi kebutuhan garam di Aceh.


“Saya berharap pada kelompok petambak garam di Aceh yang ingin mengembangkan usaha ini untuk lebih serius lagi, selain untuk mengurangi impor dari luar, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pesisir laut Aceh,” katanya.

Bagikan:
KOMENTAR