LSM KCBI: Penyesuaian Harga BBM untuk kemaslahatan Rakyat


Sabtu, 03 September 2022 - 13.19 WIB



Aceh Utara - Pemerintah sedang mewacanakan  penyesuaian harga BBM bersubsidi, penyesuaian harga BBM dibutuhkan karena angka subsidi dipandang cukup menekan dan membebani APBN, belum lagi sasaran subsidi yang dinilai juga tidak tepat sasaran, karena justru banyak dinikmati oleh kalangan masyarakat mampu.


Penyesuaian harga BBM tak bisa dihindari lagi. Selain untuk menjaga stabilitas fiskal, pilihan ini dipastikan untuk kemaslahatan seluruh rakyat.


Seperti diketahui, dana subsidi dan kompensasi energi di APBN 2022 melonjak tiga kali lipat hingga menyentuh Rp 502 triliun. Angka ini bahkan diprediksi akan menembus Rp 698 triliun sampai akhir tahun jika tidak ada langkah konkret mengatasinya.


Ketua LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (KCBI) Aceh Utara, Jamaluddin menilai, pengurangan subsidi pada BBM, khususnya Pertalite dan solar, wajib dilakukan agar terpenuhinya prinsip-prinsip keadilan. Prinsip keadilan yang dimaksud dalam hal ini adalah adanya pengalihan subsidi dan kompensasi BBM ke sektor lain yang lebih produktif dan berpihak ke rakyat paling membutuhkan, utamanya di sektor kesehatan dan pendidikan.


Langkah penyesuaian subsidi ini sangat tepat untuk menekan beban subsidi yang sangat memberatkan APBN. Karena subsidi BBM yang selama ini diberikan,lebih banyak dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu.


Pihaknya mendukung penuh kebijakan pemerintah menyesuaikan harga BBM, Sehingga beban subsidi dapat dialihkan untuk masyarakat kurang mampu dalam bentuk Bantuan Sosial, Bantuan Langsung Tunai, dan pembangunan fasilitas kesehatan serta pendidikan.


Selain itu, Jamaluddin meminta Pemerintah memiliki rencana strategis dalam menentukan kebijakan yang berkaitan langsung dengan rakyat.


"Jika memang penikmat BBM subsidi adalah masyarakat mampu maka solusinya adalah pembatasan yang tepat sasaran sehingga tidak membuka peluang kenaikan harga BBM dikemudian hari," tutupnya.(AZ)

Bagikan:
KOMENTAR