Ini Perempuan Satu-satunya yang Menang Jadi Keuchik di Abdya


Jumat, 25 Maret 2022 - 08.04 WIB



BLANGPIDIE – Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) serentak di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah selesai dilaksanakan. 
 

Pesta demokrasi di tingkat Gampong itu diselenggarakan selama tiga hari, 21 hingga 23 Maret 2022. Dari total 152 Gampong yang menggelar Pilchiksung, satu-satunya calon perempuan yang menang dan memperoleh suara terbanyak adalah Thaibah. 


Thaibah yang berprofesi  sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) itu  menang pemilihan keuchik di Gampong Lam Kuta, Kecamatan Blangpidie, Abdya yang dilaksanakan, Selasa (22/3/2022). Thaibah berhasil memperoleh 160 suara, mengalahkan tiga orang pesaingnya, yaitu Nasrijal Saputra 144 suara, Hasanudin dengan 125 suara, dan Ridwan hanya memperoleh 69 suara.


Berdasarkan penelusuran anteroaaceh.com, di Abdya ada tujuh perempuan yang mencalonkan diri sebagai keuchik, yaitu Shinta Humaira calon dari Gampong Kuta Tuha, Rohani dari Keude Siblah, Thaibah Gampong Lam Kuta, ketiganya dari Kecamatan Blangpidie. 


Kemudian Ira Maya dari Gampong Alue Dawah, Kecamatan Babahrot, Nurhajijah Gampong Ujong Tanoh, Kecamatan Setia.


Sedangkan dua orang lainnya adalah Husni dari Gampong Gadang, Kecamatan Susoh dan Asridayani Gampong Asoe Nanggroe, Kecamatan Jeumpa. 


Namun dari tujuh perempuan itu, hanya Thaibah yang mampu mengalahkan lawannya. Maka dengan kemenangan itu, bisa dipastikan Thaibah menjadi perempuan satu-satunya terplih menjadi keuchik pada Pilchiksung Abdya tahun 2022. 


Ketua Panitia Pemilihan Keucik (P2K) Gampong Lam Kuta, Zubardi mengatakan, pemilihan berjalan lancar, dan membenarkan Thaibah meraih suara terbanyak mengalahkan calon lain. 


"Alhamdulillah proses pemilihan berjalan dengan aman, tertib, sukses dan tidak ada kendala apa-apa sesuai dengan apa yang direncanakan serta sesuai dengan tahapan-tahapan," kata Zubardi saat dihubungi Rabu (23/3/2022).





Sumber : Anteroaceh.com


Bagikan:
KOMENTAR