LSM Seulanga Aceh Lepas Ratusan Tukik


Kamis, 24 Februari 2022 - 08.30 WIB



BANDA ACEH – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Seulanga Aceh kembali melepaskan ratusan ekor tukik (anak penyu) di Pantai Pasie Jalang, Gampong Lampaya, Kecamatan Lhoknga, Aceh, Selasa (23/02/2022).


Ketua Seulanga Aceh, Wardana Prastya mengatakan pelepasan ratusan tukik itu dilakukannya untuk pembersihan pantai di kawasan tersebut.


“Ada sekitar 250 ekor penyu yang telah di lepaskan di pantai. Pada bulan Januari lalu ada sebanyak 120 ekor dan 130 ekor jenis penyu lekang pada hari ini,” terang Wardana.


Disebutkannya, dari tahun 2020 hingga tahun 2022, pihaknya telah melepaskan sebanyak  900 tukik, baik jenis belimbing maupun jenis lekang. Hal itu dilakukan pihaknya agar dapat meningkatkan habitat populasi penyu.


Dikatakan Wardana, penyu memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga ekosistem laut. Ia berharap agar pemerintah daerah lebih peduli dalam mendukung kegiatan lingkungan yang dilaksanakan oleh komunitas, LSM, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan organisasi mahasiswa.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi dan terlibat dalam  mendukung  upaya pelestarian Penyu dan pembersihkan Pantai,” ucapnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion Sumatera, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan , Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Besar beserta unsur terlibat lainnya.







Sumber : Anteroaceh.com
Bagikan:
KOMENTAR