Anggaran Cuma Rp.15 Juta, Pilchiksung Abdya Terancam Gagal.


Kamis, 20 Januari 2022 - 19.29 WIB



BLANGPIDIE - Pemilihan Keuchik secara langsung (Pilchiksung) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan serentak Maret 2022 akan datang. 


Adapun anggaran yang disediakan untuk seluruh tahapan pelaksanaannya hanya sebesar Rp. 15 juta untuk setiap gampong. Dana itu bersumber dari Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG). 

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) Perwakilan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Suhaimi mengatakan, anggaran Rp. 15 juta dinilai tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan dalam penyelenggaraan pemilihan keuchik. 


Bahkan menurut Suhaimi, jika tetap dilaksanakan dengan anggaran sebanyak itu, tidak menutup kemungkinan perhelatan demokrasi ditingkat gampong itu terancam gagal.  


"Kita menilai anggaran Rp. 15 juta itu terlalu sedikit, karena untuk menggaji P2K saja sudah habis, apa lagi kebutuhan yang lain," katanya, Rabu (19/1/2021).


Suhaimi menyarankan agar anggaran Pilchiksung ditambah lagi, terlebih keadaan sekarang masih dalam pandemi Covid-19. 


"Menurut saya anggaran yang dibebankan ke APBG untuk berlangsungnya Pilchiksung di Abdya perlu penambahan, kalau kita hitung angka 15 juta itu tidak cukup," harapnya.  


Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini Peraturan Bupati (Perbup) belum sempurna sehingga masih bisa di revisi untuk menambah anggaran Pilchiksung sebelum tahapan pelaksanaan dimulai.  



Apalagi, dalam qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik memang sudah diatur. 


"Oleh karena itu, kita berharap harus ada ketegasan dalam isi Perbup tersebut, sehingga masyarakat tidak salah menafsirkan," pungkasnya.





Sumber : Anteroaceh.com
Bagikan:
KOMENTAR