Kepsek SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye Diduga Pungli Beasiswa PIP Siswa


Selasa, 23 November 2021 - 15.38 WIB



LHOKSUKON -- Dugaan pungutan liar (pungli) dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang terjadi di SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye yang dilakukan oleh pihak sekolah. 


Sejumlah siswa saat ditemui media ini menuturkan bahwa selama kepemimpinan kepala sekolah baru beasiswa PIP tak pernah mereka pegang.


"Selama kepemimpinan kepala sekolah baru ini beasiswa PIP tak pernah kami pegang, padahal sebelum-belumnya di kepimpinan yang lama buku rekening dan uang tunai diberikan kepada kami setelah dipotong SPP."


"Selama ini buku dan uang tak pernah kami pegang, hanya ada tahun ini uang 100 ribu dan ada juga 35 ribu yang kami terima, itu pun uang pribadi buk guru, diberikan setelah vaksin covid 19," Ucap salah satu siswa mewakili yang lainya. 


Ia mengungkapkan pernah mengecek langsung diaplikasi, dan dilihat bahwa uang tersebut ada masuk baik di tahun 2020 dan 2021 akan tetapi pihak sekolah mengatakan bahwa mereka tidak perlu tahu seraya menakuti mereka dengan mengatakan akan ditangkap nanti "kalian gak perlu tahu, di tangkap nanti" Menirukan perkataan pihak sekolah.


Ia juga menjelaskan bahwa waktu mereka ambil uang sendiri-sendiri, "kami sendiri-sendiri dan juga ada yang berdua untuk mengambil uang diruang kantor kepala sekolah. 


Sementara itu pihak sekolah saat ditemui media ini menjelaskan "PIP berjumlah 1 juta, tinggal dibuku 50 ribu kemudian kami potong spp setahun (2 simester) Rp 264 ribu" Ucap Wakil Kepala Sekolah


"Buku memang dipegang sama kepala sekolah, selama covid 19 biar jangan berkerumun di bank, total penerima PIP 21 orang".


PIP merupakan kerja sama tiga kementrian yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementrian Sosial(Kemensos), dan Kementrian Agama(Kemenag).


Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar


Program Indonesia Pintar yang selanjutnya disingkat PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.(AG).

Bagikan:
KOMENTAR