Komisi IV DPRA Kunker ke wilayah Barat - Selatan Provinsi Aceh


Jumat, 26 Juni 2020 - 10.53 WIB



CALANG - Tim Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meninjau sejumlah proyek yang bersumber dari anggaran APBA T.A  2020 di Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (26/6/2020) kemarin.

Tim dari komisi IV DPR Aceh yang turun langsung ke lapangan terdiri dari beberapa anggota tim.

Rombongan Komisi IV DPRA yang turut didampingi oleh KPA, PPTK, Perwakilan dari Kontraktor Pelaksana proyek dan konsultan pengawas meninjau setidaknya 4 titik lokasi proyek yang sedang dikerjakan bersumber dari Anggaran APBA T.A 2020 di Aceh Jaya di antaranya Pembangunan tanggul sungai krueng lambeusoi GP. Teumareum Kab. Aceh Jaya,  Pembangunan jetty kuala ligan Kab. Aceh Jaya, Pembangunan jetty kuala babah nipah Kab. Aceh Jaya dan Pengendalian banjir sungai KR. Teunom Kab. Aceh Jaya.

Dalam kunjungan pada proyek Pembangunan tanggul sungai krueng lambeusoi Gp. Teumatrum Anggota komisi IV DPRA  menemukan beberapa kekurangan dalam pelaksanaan pekerjaan yang mesti di patuhi.
diantara beberapa kekurangan yang ditemukan menurut Armiyadi anggota tim yaitu tidak sesuai SOP pada kegiatan yang dikerjakan oleh PT. AGC, seperti pekerja tidak dibekali dengan petunjuk P3K untuk para personil pekerja proyek, Selanjutnya tim juga menyayangkan pekerjaan pada proyek tersebut bahan perlengkapan seperti kontrak kerja tidak ada, juga MC 0 yang kurang lengkap dan tidak adanya pihak rekanan dilapangan untuk paket pekerjaan Pembangunan tanggul sungai krung lambeusoi, baik itu site manager dan tenaga inti lainnya.

Kemudian menurut pantauan dilapangan pada paket pekerjaan Pengendalian banjir sungai Kr. Tunom papan nama proyek tidak disebutkan nama pekerjaan dan progres pekerjaan dilapangan masih sangat rendah, mungkin disebabkan karena kontraktor pelaksana (PT. BYAZ) melakukan pekerjaan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu bersamaan di kabupaten yg sama seperti pekerjaan pengendalian banjir sungai Kr. Tunom (PT. BYAZ) Pemenang Kontrak (PK) dan pekerjaan pembangunan jetty kuala babah nipah kab. Aceh Jaya (PT. BYAZ) Pemenang (P) tender lanjud Armiyadi.

Semua tim dari Komisi IV DPRA memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada dinas terkait yang telah proaktif melakukan pendampingan dilapangan selama dalam kunjungan berlangsung. Kepada pihak konsultan pengawas untuk melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik dan diharapkan kepada pihak rekanan untuk segera memenuhi dan memperbaiki kekurangan - kekurangan pada proyek tersebut agar pekerjaan dapat terlaksana tepat waktu dan bangunannya berkualitas demi kepentingan bersama khususnya masyarakat Aceh Jaya. Demikian Armiyadi tim komisi IV DPR Aceh.(Red)

Bagikan:
KOMENTAR