Karang Taruna Aceh Utara Terima Kunjungan Dinsos Aceh


Senin, 15 April 2019 - 19.50 WIB


LHOKSUKON - Ketua Karang Taruna Aceh Utara Sarjani, ST menerima kunjungan Kasie PMKS Dinas Sosial Aceh Nila Fajria, SH beserta rombongan di sekretariat Karang Taruna Peuneurah Aceh Gampong Alue Keujruen Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (13/4/2019).


Kasie PMKS Dinas Sosial Aceh Nila Fajria, SH mengatakan bahwa hari ini kita turun secara langsung ke Aceh Utara untuk melakukan verifikasi pertumbuhan dan perkembangan Karang Taruna di Aceh Utara.


"Kita mendorong Pemerintah Gampong untuk dapat  membentuk dan memberdayakan Karang Taruna, karena sumber daya manusia di Karang Taruna itu sangat besar untuk membantu pemerintah Gampong dalam melaksanakan pembangunan. Organisasi sosial yang dinaungi pemerintah ini mempunyai potensi besar membantu menjalankan program-program pemerintah," ujarnya.


Nila Fajria juga meyakinkan bahwa sumber daya manusia Karang Taruna bisa diandalkan. Pembinaan dilakukan secara rutin sehingga kemampuan kelembagaan dan personel Karang Taruna sudah mumpuni, Karang Taruna juga bisa dilibatkan dalam banyak hal, mulai dari kegiatan sosial, olahraga, ekonomi dan lainnya. Sayang jika potensi warga Karang Taruna Gampong tidak diberdayakan untuk membantu pembangunan gampong.


"Bahkan, pemerintah Gampong itu diperbolehkan mengalokasikan anggaran untuk memberdayakan Karang Taruna sebagaimana amanat Permensos No.77 Tahun 2010, dan Permensos No. 23 Tahun 2013 serta Permendagri No.18 Tahun 2018. Gampong dan Dusun justru akan terbantu dengan keberadaan Karang Taruna," kata Nila Fajria.


Sementara itu, Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Kasie PMKS Dinas Sosial Aceh beserta rombongan atas kunjungannya ke Aceh Utara, semoga ini akan menjadi semangat baru bagi kami untuk terus berbuat demi pemuda dan masyarakat Aceh Utara.


Sarjani juga menyampaikan bahwa Aceh Utara saat ini memiliki 852 Gampong dari 27 Kecamatan, "Insya Allah untuk Karang Taruna Kecamatan kita sudah ada semua sedangkan untuk Karang Taruna Gampong kita baru ada 328 Gampong, nah di sini kita sangat mengharapkan kepada Pemerintah Gampong untuk dapat membentuk dan memberdayakan Karang Taruna untuk membantu pelaksanaan pembangunan baik ditingkat  Gampong, Kecamatan maupun Daerah."


Dalam kesempatan tersebut Sarjani juga sangat berharap kepada Pemerintah baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Gampong agar dapat memperioritaskan alokasi anggaran untuk pembinaan kegiatan Karang Taruna.


Selain itu Sarjani juga memohon kepada Bapak Menteri Sosial agar dapat membantu pembangunan Gedung Sasana Krida Karang Taruna, KUBE Karang Taruna, dan Operasional Kegiatan, serta Kader Karang Taruna agar dilibatkan dan diprioritaskan  dalam setiap even Pendampingan, Evaluasi dan Monitoring Kegiatan Sosial baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Gampong.


"Hal ini menanggapi keluh kesah yang selama ini disampaikan oleh kawan-kawan Karang Taruna Gampong dan Kecamatan, sebenarnya sangat banyak program kegiatan yang ingin dilaksanakan oleh kawan-kawan Karang Taruna Gampong dan Kecamatan akan tetapi terkendala di anggaran," ujarnya.


Di akhir pembicaraan Sarjani Memohon kepada Bapak Presiden, Bapak Menteri, dan Bapak Gubernur Aceh agar pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memberikan perhatian yang lebih untuk Kabupaten Aceh Utara, perlu dikaji ulang kaji sejarah bahwa dulunya Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten penyumbang devisa terbesar untuk negara ini, akan tetapi saat ini Aceh Utara telah menjadi salah satu daerah termiskin di Aceh, maka sudah sewajarnya pemerintah pusat dan pemerintah provinsi agar benar-benar memberikan perhatian yang lebih untuk Aceh Utara.


Dalam Kunjungan tersebut turut juga dihadiri Staf Dinsos Aceh, Ibu Emmy Susfita, Muttaqin, dan Amiruddin, dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara hadir Ibuk Mirodiyatun Resi Nuridayati dan Takdir, Geuchik Gampong Alue Keujruen Mukhlis, Tuha Peut Gampong Alue Keujruen Raidadi dan Pengurus Karang Taruna Aceh Utara serta Pengurus Karang Taruna Peuneurah Aceh Hikmah Fajar, Wahyu Afli dan kawan-kawan.(AZ)
Bagikan:
KOMENTAR