Mudik Pakai Mobil Matic Ketemu Tanjakan atau Turunan Curam, Gak Usah Panik!


Rabu, 04 Mei 2022 - 09.34 WIB


 


1. Tak usah panik saat mudik pakai mobil matic namun menemui tanjakan curam.

Mobil matic tanjakan curam wajib geser posisi tuas transmisi.


2. Jangan cuma andalkan rem ketika mobil matic lewati turunan curam.


3. Perjalanan mudik ke kampung halaman maka kita harus siap menghadapi situasai jalan yang kurang familiar. Ini lantaran tidak terlalu sering kita melintas di rute tersebut sehingga bisa saja ada jalanan dengan kontur tanjakan atau turunan curam.


Kalau sudah begini tentu mau tidak mau harus dihadapi. Sayangnya, masih banyak pengguna mobil transmisi otomatis (matic) yang kurang memiliki skill mumpuni guna menghadapi situasi seperti itu. Lantaran tanpa pedal kopling, pengemudi mobil matic cuma bisa ngegas atau ngerem.


Padahal ketika menghadapi tanjakan atau turunan curam, pengemudi mobil matic perlu trik khusus juga. Sama seperti menggunakan mobil transmisi manual, tuas transmisi mobil matic juga perlu dipindah menyesuaikan kondisi medan jalan yang hendak dilalui.


Cara Menggunakan Mobil Transmisi Matic di Tanjakan Curam


Pastikan mobil tidak kehilangan torsi agar tak merosot di tanjakan


Saat akan menghadapi tanjakan panjang atau curam, sebaiknya siapkan ancang-ancang dari bawah supaya mobil tidak kehilangan tenaga di tengah jalan menanjak. Jika tanjakan tidak begitu berat maka Anda bisa memindah posisi tuas transmisi dari D ke 3 atau D3.


Apabila tuas transmisi sudah dipindah ke D3 tapi mobil mulai kehilangan daya yang cukup untuk menaklukkan tanjakan, maka bisa geser lagi tuas transmisi ke D2 atau 2. Lalu lakukan kick down (menginjak pedal gas penuh dengan spontan) untuk memancing torsi mobil keluar sepenuhnya.


Kalau tanjakan lalu macet, posisikan tuas transmisi di L


Tetapi jika medan jalan yang dihadpai sangat ekstrim kemiringannya, maka bisa posisikan tuas transmisi ke L, atau D1. Kondisi ini juga bisa Anda terapkan apabila pada saat menanjak harus berhenti karena jalanan macet.


Cara Aman Hadapi Turunan Curam Pakai Mobil Matic


Jangan cuma andalkan rem ketika menemui turunan panjang


Kalau menganggap melewati jalan turunan lebih mudah dibanding jalan menanjak sebaiknya buang pikiran itu jauh-jauh. Sebab kalau salah kaprah, bahaya yang mengintai sama besarnya. Apalagi banyak pengguna mobil matic yang juga masih bingung bagaimana cara aman melintasi jalan turunan curam.


Sebenarnya tirknya juga sama seperti menggunakan mobil transisi manual. Anda tinggal manfaatkan engine brake untuk membantu memperlambat laju kendarana di turunan. Ingat, jangan cuma andalkan sistem pengereman dengan menginjak pedal rem terus menerus. Sebab malah akan membuat kampas rem terbakar akibat dipaksa bekerja berat.


Atur di gigi rendah supaya mobil tak meluncur cepat


Untuk transmisi matic yang dilengkapi fitur overdrive atau O/D, Anda perlu menonaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu agar posisi transmisi dapat diturunkan. Kalau tak tersedia, bisa lakukan dengan menggeser tuas transmisi dari D ke D3 atau D2. Namun sebaiknya dilakukan dalam kecepatan rendah agar tidak menimbulkan overspeed.


Caranya, injak rem dengan cara dengan perlahan beberapa kali supaya laju mobil melambat tapi kampas rem tidak panas. Setelah itu, pindahkan bertahap posisi dari D ke D3. untuk mendapatkan efek engine brake. Bila semakin curam dan mobil msih meluncur kencang, pindahkan lagi ke posisi D2 supaya gigi transmisi bisa menahan laju mobil lebih kuat.


Cara Melewati Tanjakan dan Turunan Curam Pakai Transmisi CVT


Gunakan mode M (Manual)


Lalu bagaimana dengan mobil-mobil matic yang sudha pakai transmisi CVT? Misalnya pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru, atau pengguna Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terbaru. Nah biasanya tipe transmisi ini ada opsi D dan M (+/-).


Caranya geser tuas transmisi ke posisi M, nantinya pada layar indikator MID di dashboard ditampilkan simulasi posisi gigi. Bila hendak menyelesaikan tanjakan panjang dan curam, bisa posisikan ke gigi 3 atau 2, atau bahkan 1 untuk menyelesiakan tanjakan dengan sempurna. 


Tetapi pada saat melewati turunan curam maka posisikan di M dan masuk gigi 3 atau 2. ECU akan menahan putaran CVT di gigi rendah sehingga memberikan efek engine brake seperti layaknya kita pakai gigi 2 di transmisi manual.




Sumber: autofun.id

Bagikan:
KOMENTAR