Dewan Adat Gayo Gelar Pameran Benda Pusaka Peninggalan Kerajaan Linge.


Selasa, 15 Februari 2022 - 19.32 WIB



TAKENGON -  Dewan Adat Gayo menyatakan akan menggelar pameran benda-benda pusaka bersejarah peninggalan kerajaan Linge dalam rangka memperingati HUT ke-445 Kota Takengon tahun ini.


Ketua Dewan Adat Gayo Tagore Abubakar di Takengon, Selasa mengatakan kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung pada 19-26 Februari 2022 di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon.

"Kegiatan ini bertujuan  untuk meletakkan dasar pengakuan bahwa suku Gayo telah mendiami tanah leluhur ini sejak ribuan tahun yang lalu,” kata Tagore Abubakar.

ia menjelaskan dasar tersebut merujuk temuan arkeologi di Ceruk Mendale, bahkan lewat uji DNA, uji radio karbon, bahwa suku Gayo telah ada sejak ribuan tahun lalu.

Selain pameran benda-benda bersejarah tersebut juga akan ada Festival Tari Guel dan Festival Lagu Himne Gayo serta perlombaan pentas seni Gayo dengan total hadiah Rp50 juta.

Panitia juga menggelar seminar adat dan budaya Gayo serta pertunjukan berbagai atraksi adat dan seni Gayo.

"Gayo adalah wilayah adat, penyelamatan adat dan budaya Gayo penting untuk digalakkan, sehingga generasi muda tidak akan lupa dengan identitas dan bahasa ibu yang mereka miliki," kata  Tagore.

"Panitia juga telah mengundang Gayo serumpun untuk hadir memberi delegasi mengikuti kegiatan ini," katanya.




Sumber : Antara.
Bagikan:
KOMENTAR