Dari 309 Masjid di Aceh Barat, Hanya 69 Masjid Miliki Sertifikasi Arah Kiblat


Rabu, 12 Januari 2022 - 07.36 WIB



MEULABOH - Kepala Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Aceh Barat Khairul Azhar mengatakan dari 309 masjid di kabupaten itu, hanya 69 masjid memiliki sertifikasi arah kiblat.


“Dari total 309 masjid di Kabupaten Aceh Barat, baru 69 masjid telah memiliki sertifikasi arah kiblat dari Kementerian Agama,” kata Khairul Azhar di Aceh Barat, Senin.

Meski ratusan masjid lainnya belum memiliki sertifikasi, kata dia, bukan berarti arah kiblat tidak tepat. Masyarakat tetap bisa melaksanakan shalat seperti biasanya.

Ia mengatakan apabila masyarakat atau pengurus masjid di Aceh Barat yang menginginkan kalibrasi atau mengukur ketepatan arah kiblat agar lebih tepat, maka pihaknya bisa membantu.

Nantinya, Kementerian Agama akan mengirimkan petugas dari Badan Hisab dan Rukyat untuk mengukur ulang arah kiblat masjid. Tentu pengiriman petugas tersebut berdasarkan surat permintaan pengurus masjid.

“Cukup satu surat saja, nanti kami akan kirimkan tim Badan Hisab Rukyat Kemenag Aceh Barat ke masjid yang meminta kalibrasi arah kiblat,” demikian Khairul Azhar.



Sumber : Antara.
Bagikan:
KOMENTAR