Banjir Surut, Ribuan Pengungsi Kembali Ke Rumah


Selasa, 11 Januari 2022 - 08.34 WIB



Aceh Timur - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menyatakan banjir yang melanda 18 kecamatan di kabupaten itu kini sudah surut dan ribuan pengungsi kembali ke rumah.


"Banjir sudah surut, dan warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Senin.

Ashadi mengatakan BPBD Kabupaten Aceh Timur mencatat sebanyak 2.310 jiwa dari 5.627 keluarga mengungsi akibat banjir. Begitu juga 1,517 unit rumah warga terendam yang menyebabkan sebanyak 6,258 jiwa terdampak banjir.

Ia mengatakan meskipun banjir sudah surut, tetapi curah hujan masih tinggi. Oleh karenanya diingatkan masyarakat yang menetap sepanjang pinggiran sungai tetap waspada terhadap bencana banjir.

“Curah hujan masih tinggi hingga akhir Januari. Bagi masyarakat yang rumahnya di pinggir sungai tetap berhati-hati. Jika sungai meluap, maka segera keluar rumah mencari tempat yang paling aman,"kata Ashadi. 

Sementara, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur masih terus mendata kerusakan pasca banjir melanda kabupaten tersebut. 

“Kita masih memetakan sejauh mana dampak yang timbul sehingga nantinya bisa terindentifikasi jumlah yang rusak,” kata Bupati Aceh Timur Hasballah.

Ia meminta kepala organisasi perangkat daerah terkait menginventarisasi kerusakan akibat seperti fasilitas umum, jalan, jembatan, sekolah dan rumah warga.

“Pascabanjir memang terdapat sejumlah kerusakan. Tentunya, kami berharap musibah ini tidak terulang, sehingga aktivitas masyarakat normal kembali seperti biasanya,” kata Hasballah.




Sumber : Antara.
Bagikan:
KOMENTAR