Karang Taruna Rincong Pusaka Aceh Utara Peringkat 1 Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh


Selasa, 23 November 2021 - 22.50 WIB



BANDA ACEH – Kabupaten Aceh Utara kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Aceh. Kali ini dalam bidang kreatifitas dan pemberdayaan pemuda-pemudi. Pada ajang tahunan yang bertajuk Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi, dari unsur Karang Taruna, wakil Kabupaten Aceh Utara Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara berhasil meraih Peringkat Ke-1, Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Sosial Aceh Nomor 467.2/8021/2021 Tanggal 09 Nopember 2021 Tentang Penunjukan/Penetapan Hasil Seleksi Karang Taruna Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021.


Prosesi penyerahan hadiah kepada Karang Taruna Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara langsung diserahkan Pemerintah Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr Yusrizal M.Si, Selasa, 22/11/2021 di Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh.


Ketua Karang Taruna Aceh, Ismet Tanjung, ST,.MT, yang juga sebagai Ketua Tim Seleksi mengatakan Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, berhasil meraih Peringkat Ke-1 berdasarkan penilaian terhadap pemaparan program kegiatan dan kelengkapan administrasi serta fakta dilapangan.


Ismet Tanjung merincikan adapun Peringkat Ke-2 diraih Karang Taruna Muda Berkarya Bireuen, Peringkat Ke-3 Karang Taruna Muda Mandiri Kota Lhokseumawe, Peringkat Ke-4 Karang Taruna Bur Jangkar Aceh Tengah, dan  Peringkat Ke-5 Karang Taruna Bunga Tanjong Kabupaten Pidie.


Sementara itu Kepala Dinas Sosial Aceh Dr Yusrizal M.Si, mengatakan dalam Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh, KarangTaruna Rincong Pusaka harus bersaing ketat dengan wakil dari 23 kabupaten/kota lainnya di Aceh. Hal tersebut tentu saja tidak mudah, apalagi proses seleksi tersebut terbilang cukup panjang. Dari mulai penilaian kelengkapan administrasi pada bulan 12 September 2021, presentasi orientasi dan seleksi pada tanggal 27 s/d 29 Oktober 2021, hingga tahapan terakhir kunjungan langsung dari tim penilai pada tanggal 06 November 2021.


Yusrizal, menambahkan bahwa setiap tahun kita melakukan Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi di 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh dengan tujuan untuk memberikan penghargaan/apresiasi pemerintah kepada pilar-pilar di daerah sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang memiliki prestasi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di masyarakat untuk meningkatkan kinerjanya serta kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Aceh serta dapat menginspirasi Pilar-Pilar Sosial lainnya.


Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, mengapresiasi Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara yang telah berhasil menghantarkan Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara menjadi Karang Taruna Teladan yang telah berhasil meraih Peringkat Ke-1 Tingkat Provinsi Aceh.


Kami atas nama Pemerintah Aceh Utara merasa bangga atas perolehan prestasi tersebut, semoga kedepan dapat ditingkatkan lagi,”harapnya.


Muhammad Thaib juga mengharapkan agar Karang Taruna dapat menyatukan persepsi pemahaman saling bersinergi dan jalin kebersamaan dengan Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Gampong,”pintanya.


Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Aceh Utara, PT. Pupuk Iskandar Muda dan Proyek Vital lainnya yang ada di Aceh Utara yang telah begitu peduli membina karang taruna di Aceh Utara, dan kita juga berharap kepada Camat dan Geuchik untuk dapat membentuk karang taruna Kecamatan dan gampong yang belum ada serta dapat memberdayakannya. Sehingga nantinya pengurus dapat membantu pelaksanaan pembangunan ditingkat Kecamatan dan Gampong.


Sementara itu Ketua Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng Ibnu Hajar mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung organisasinya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Dinas Sosial P3A Aceh Utara, PT. Pupuk Iskandar Muda, Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, dan Karang Taruna Kecamatan Dewantara yang telah membina kami selama ini. Tak lupa juga kepada Pemerintah Gampong Paloh Gadeng, Pengurus dan Anggota Karang Taruna Rincong Pusaka serta masyarakat Gampong Paloh Gadeng. Prestasi ini bukan hanya milik kami namun milik kita semuanya,”pungkasnya (AG)

Bagikan:
KOMENTAR