Danrem 011/LW Pimpin Upacara Hari Pahlawan 2021 di Lhokseumawe


Kamis, 11 November 2021 - 16.49 WIB



LHOKSEUMAWE – Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro memimpin upacara Nasional dalam rangka peringatan hari pahlawan, Rabu 10 November tahun 2021. Kegiatan dilakukan sama seperti tahun lalu dengan menjalankan protokol kesehatan berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.


Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh Komandan upacara, kemudian suasana hening mengenang pertempuran 10 November 1945 diiringi sirine selama 60 detik dan dilanjutkan dengan mengheningkan ciptaan dipimpin Danrem 011/Lilawangsa selaku Inspektur Upacara (Irup).


Selanjutnya, pada upacara tersebut, Danrem Baskoro turut meletakkan karangan bunga kemudian diikuti berdoa untuk arwah pahlawan yang dibacakan oleh personel Bintal Agama Korem 011/LW.


Selain ziarah di Taman Makam Pahlawan pada peringatan hari pahlawan tahun 2021, Korem 011/Lilawangsa juga menggelar upacara bendera di lapangan Jenderal Sudirman Lhokseumawe.


Pelaksanaannya diikuti personel TNI Korem 011/Lilawangsa, Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan), satuan Lanal, Paskas Lhokseumawe dan ASN.


Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh tiga orang personel Polisi Militer (POM) IM/I Lhokseumawe, sementara inspektur upacara dipimpin oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 011/Lilawangsa Letkol Czi M. Ridha Has.


Dalam arahannya, Kasrem 011/LW membacakan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini, yaitu; bahwa selama ratusan tahun Indonesia telah dijajah dan dipecah-belah melalui politik adu domba.


“Masyarakat Indonesia jangan cepat terbelah oleh isu-isu suku, agama, ras, dan antar golongan (Sara), dengan terus menggelorakan semangat gotong-royong dan persatuan. Perbedaan justru memperkuat kesatuan dan tetap bertoleransi sesuai slogan Bhineka Tunggal Ika,” sebut Kasrem menyampaikan pesan menteri sosial.(red).

Bagikan:
KOMENTAR