Harga Jeruk Nipis Di Langkahan Aceh Utara Turun Harga Hingga 50 Persen


Senin, 02 Agustus 2021 - 10.19 WIB



ACEH UTARA - Para Petani Jeruk Nipis di Kecamatan Langkahan Aceh Utara mengeluh  Anjlok nya  harga jeruk nipis dari level Harga biasa nya Delapan Ribu Rupiah perkilo gram turun menjadi Tiga Ribu Rupiah Perkilo Gram.


Sehingga para petani daerah tersebut Terpaksa menempuh kerja sampingan untuk penambahan kecukupan ekonomi mereka ditengah pandemi Covid 19.


Penurunan Harga  jeruk nipis ini di sebabkan  untuk daya beli masyarakat luar daerah seperti provinsi sumatera utara,menurun,sehingga pasokan dari aceh   menjadi tersendat sementara.


Salah seorang Petani Desa Bukit Linteung Kecamatan Langkahan Zulkarnaini Harun Mengatakan ,akibat ajlok nya harga jeruk nipis selama ini dijual ke agen pembeli tidak sesuai dengan  penghasilan yang didapatkan,biasa nya kata dia jeruk nipis di pasok kemedan dan daerah lain nya sehingga harga stabil.ungkap nya.


"Biasa nya per  tiga hari sekali panen  bisa nya mendapat penghasilan sebesar bisa mencapai 400 ribu rupiah,semenjak harga  nya turun 3000 rupiah 1 kilo gram  pendapatan petani hanya 150 ribu, tentu nya tidak tercapai memunuhi kebutuhan sehari hari dan penurunan harga ini selama pandemi covid 19 "ujar nya.


Di Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara,Merupakan salah satu daerah berpenghasilan sektor pertanian,seperti jeruk nipis,Kelapa sawit,kaukou ,pinang dan lain lain nya.


Mayoritas Masyarakat di sana umum nya  sebagai para petani perkebunan  dan pertanian,salah satu nya bergerak dibidang tanaman jeruk nipis.


Mereka berharap pandemi Covid 19 di tanah air segera berakhir.(AG)

Bagikan:
KOMENTAR