Kisah di Balik Pembuatan Lagu Palestina yang Viral di Media Sosial


Sabtu, 22 Mei 2021 - 10.09 WIB



KAIRO
 - Lagu 'Story of Palestine' yang viral di media sosial dibuat oleh Emon Askar, ibu dua anak berusia 32 tahun asal Mesir. Askar membuat video sederhana namun sangat bernilai itu sebagai respons atas kekerasan pasukan Israel terhadap warga Palestina di Yerusalem Timur serta Jalur Gaza.

Video 98 detik mengenai sejarah singkat Palestina itu sudah ditonton jutaan kali di TikTok dan Instagram.

Askar tak menyangka video yang diunggahnya pada Rabu lalu itu bisa menjadi viral di media sosial dan mendapat sambutan, bukan hanya di Mesir tapi juga seluruh dunia.

Semua bermula setelah dia menonton aksi kekerasan pasukan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa pada malam Ramadan yang djuga dipicu rencana penggusuran warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah. 

"Itu sangat memengaruhi saya," kata Askar, dikutip dari TRT World, Sabtu (22/5/2021).

Dia juga menonton bagaimana pasukan Israel mengebom Gaza pada Idul Fitri, Kamis pekan lalu. Menurut dia, umat Islam seharusnya berkumpul bersama keluarga dan jalan-jalan saat Lebaran.

"Ketika ada sesuatu yang salah di hati Anda, seperti merasakan sesuatu, saya tidak bisa bahagia, karena saya tahu apa yang terjadi di sana. Saya mengikutinya dan membuat saya sangat sedih," tutur perempuan yang juga aktif di medsos itu.

Dia sedang berlibur Idul Fitri bersama keluarga dan saat kembali ke rumah terbesit keinginan untuk melakukan sesuatu. Dia lalu melihat-lihat barang-barang di rumah dan menemukan buku sketsa seni.

"Saat usia 7 atau 8 tahun di kelas 3, saya menemukan beberapa gambar yang bagus. Tapi kemudian saya berhenti pada sesuatu dan ingat betul saat saya menggambarnya saat pelajaran seni. Itu juga beberapa hari sebelum Idul Fitri, tapi 21 tahun lalu," tuturnya.

Saat itu bersamaan dengan aksi Intifadah (gerakan perlawanan Palestina) kedua. Dia masih ingat saat itu anak-anak Palestina menderita akibat rumah mereka dibom. Kondisi yang sama berulang 21 tahun kemudian.

"Saya juga punya foto Muhammad Al Durra, foto diambil saat dia di pangkuan ayahnya. Sejujurnya, foto-foto ini tidak pernah meninggalkan saya. 21 tahun kemudian, saya tahu persis bagaimana perasaan saya dan ada hal yang bisa dilakukan, diekspresikan, dalam bentuk seni," ujarnya.

Dia berpikir untuk membuat konten di media sosial untuk menyebarkan pesan, menginformasikan kepada orang-orang di seluruh dunia. Tujuannya menggerakkan mereka untuk juga berbuat sesuatu terhadap Palestina.

Hasilnya, jadilah video lagu yang liriknya berisi sejarah Palestina. Dimulai dari tahun 1800-an di mana umat Islam, Krisitiani, dan Yahudi, hidup damai berdampingan. Namun semua berubah setelah datang tokoh-tojoh Zionis yang mencaplok tanah Palestina yang kemudian mendirikan negara Israel pada 1948, dan seterusnya. 



Sumber : Inews.id


Bagikan:
KOMENTAR