Mahasiswa Unimal KKN di Gampong Buket Hagu


Selasa, 03 November 2020 - 09.56 WIB



LHOKSUKON - Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 116 di Gampong Buket Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.


KKN ini dimulai tanggal 20 Oktober sampai 20 November mendatang. Bedanya, masa pandemi ini mahasiswa melaksanakan KKN di desanya masing-masing seperti yang dilakukan oleh mahasiswa kelompok 116.


Mereka melakukan kegiatan sosial seperti pembagian masker, edukasi dan sosialisasi di salah satu sekolah menengah atas yang ada di Gampong Buket Hagu.


Adapun yang mengikuti KKN yaitu, Julianto (Teknik Informatika), Satria (Administrasi Publik), Lisa Alfida (Akuntansi), Echa Febriani (Psikologi) Yusni Setiawati (Antropologi), Syahdian Alfanita (Antropologi), dan Hesti Susianasari (Akuntansi).


Julianto selaku ketua kelompok mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari Program Kerja (Proker) mahasiswa. Sasarannya terutama di lingkungan desa, sekolah untuk menyampaikan bahaya penyebaran virus Corona.



"SMA N 2 Lhoksukon adalah tempat yang menjadi lokasi proker kali ini," kata Julianto, kepada KabarSATU.info, Selasa (2/11/2020).


Sementara itu menurut keterangan salahsatu mahasiswa KKN, Syahdian Alfanita, pemilhan lokasi ini dikarenakan siswa SMA lebih mudah untuk memahami dan mengaplikasikan edukasi yang dibuat oleh mahasiswa, sehingga mereka dapat menjadi perantara untuk mengedukasikan pencegahan dan memutus mata rantai virus/penyakit Covid19 pada lingkungan sekolah.


Puluhan siswa yang hadir sebagai audiens pada edukasi dan sosialisasi mengenai pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran virus/penyakit Covid 19 sangat antusias mendengarkan penyampaian materi sosialisasi tersebut.


Bagus Arya Munazar selaku ketua OSIS mengatakan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Sehingga banyak hal yang diketahui tentang bahaya penyebaran Covid19.


"Kegiatan ini sangat mengedukasi, dan kami mengucapkan banyak terimakasih kakak-kakak KKN yang telah memberikan ilmu kepada para siswa," ujar Bagus.


Kegiatan sosialisasi yang dilakuakan oleh mahasiswa di SMA ini berlangsung tertib dan dengan menaati protokol kesehatan. Sebelum masuk ke dalam ruangan mahasiswa dan para siswa mencuci tangan, saat dberada dalam ruangan para siswa diwajibkan memakai masker medis yang dibagikan sebelumnya dan juga menjaga jarak.


Kegiatan ini mendapat dukungan dan apresiasi dari para guru dikarenakan sosialisasi ini selain merupakan salah satu proker mahasiswa, kegiatan ini juga dapat membantu para guru dan staf dalam mengajarkan para siswa agar mengetahui bahaya dari virus/penyakit covid19 dan pencegahannya.


Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), DR. Laila Nazirah, S.P., M.P turut mendukung program kerja kelompok 116. Meski begitu, dirinya selalu mengingatkan agar mahasiswa selalu mentaati protokol kesehatan selama melakukan kegiatan.(red)

Bagikan:
KOMENTAR