Wakil Bupati Aceh Utara Minta Karang Taruna Terlibat Aktif dalam Setiap Musrenbang


Senin, 09 Desember 2019 - 21.58 WIB


Lhoksukon – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara meminta kepada seluruh anggota dan pengurus Karang Taruna, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Gampong untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf  kepada awak media pada saat menghadiri kegiatan Silaturrahmi dan Rapat Kerja Pengurus Karang Taruna Aceh Utara Tahun 2019 di Aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara, Senin, 09/12/2019.

Musrembang, menurut Fauzi Yusuf, menjadi arena rembuk berbagai pemangku kepentingan untuk menyusun prioritas program dan kegiatan pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat, katanya

Musrembang merupakan Forum strategis untuk menentukan garapan pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat, maka saya meminta seluruh karang taruna baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan dan Gampong wajib hadir dalam forum tersebut,” ujar Fauzi Yusuf

Fauzi Yusuf menambahkan agar Karang Taruna sebagai organisasi Kepemudaan di Gampong harus pro aktif dan mengusulkan Program Kerja kepada Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Gampong sesuai tingkatannya serta mengawal program dan kegiatan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Karang Taruna yang ada di tingkat Gampongnya masing-masing.

Sehingga ke depan, warga Karang Taruna bisa lebih baik dan keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas, harapnya

Silakan silaturahim dan komunikasikan kegiatan musrembang ini dengan pihak Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Gampong sesuai tingkatannya masing-masing. Tentunya, dengan mengedepankan komunikasi sikap santun, baik dan rasional,” harap Fauzi Yusuf.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini, mengharapkan agar Karang Taruna selaku Pageu Gampong untuk dapat menyatukan persepsi pemahaman saling bersinergi dan jalin kebersamaan dengan Geuchik, Tuha Peut, Imum Gampong dan masyarakat terhadap penggunaan dan pengelolaan keuangan gampong agar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukan. Karena Dana Desa itu milik masyarakat dan pembangunan yang direncanakan harus mengutamakan kepentingan masyarakat, sehingga pembangunan di gampong bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Zulkarnaini juga berharap agar Karang Taruna di tingkat Gamponga dan Kecamatan hendaknya memiliki data dan informasi yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan berkaitan dengan dinamika masyarakat sekarang ini.

Dan untuk teman-teman Karang Taruna yang ada di tingkat Gampong dan Kecamatan, kami meminta untuk mengkoordinasi dan memfasilitasi usulan yang bersifat lintas Gampong,” tandasnya.

Ditambahkan Zulkarnaini, Pengurus Karang Taruna harus bisa melakukan identifikasi dan penggalian sumber daya keagamaan, sosial, ekonomi, dan infrastruktur unggulan untuk kebaikan dan kemajuan masyarakat, harapnya.

Menurutnya, Pemuda Karang Taruna Gampong selaku Pageu Gampong harus siap menjadi garda terdepan dan terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan digampong, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan, sebab pemuda akan menjadi estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, harapnya.(Red)
Bagikan:
KOMENTAR