UTD Aceh Utara Membrerikan penghargaan Kepada PDDI Kota Lhokseumawe


Senin, 16 September 2019 - 21.21 WIB


ACEH UTARA -   Unit Tranfusi Darah (UTD) Aceh utara mengundang dan memberikan penghargaan kepada Perhimpunan donor darah indonesia (PDDI) kota lhokseumawe dalam rangka keberhasilan mengumpulkan 100 kantong darah di ruang Rapat UTD Aceh Utara, Senin (16/09).


Kepala UTD Aceh utara dr Rizka Nadia Amris, Memberikan apresiasi kepada PDDI Kota Lhokseumawe dan mengucapkan terimaksih yang telah membantu UTD Aceh Utara untuk mengumpulkan darah.

Bentuk Rasa apresiasi, UTD Aceh utara memberikan piagam penghargaan yang langsung di terima oleh ketua PDDI lhokseumawe NS Fauzan saputra S.kep.MNS.

Saya sangat mendukung perencanan aksi PDDI selanjutnya, yaitu mengenai Bank Darah gampong. itu sangat membantu bagi orang orang yang ada di gampong seperti kasus kemarin banyak ibu hamil yang membutuhkan darah di gampong,Tambahnya dr nadia.

Humas UTD DR.Fauzi M.kom menambahkan, Mengenai golongan darah rhesus negatif.
Agak sulit memang untuk mencari pendonor dengan golongan darah rhesus negatif, menurut sepengetahuan kami jumlah rhesus negatif di Aceh hanya belasan orang berbanding terbalik jika dicoba kalkulasi dengan jumlah penduduk Aceh yang 6 juta jiwa.

Mari berbagi dengan cara donor darah, rhesus negatif hanya memiliki 15% dari jumlah populasi dunia dan untuk di Aceh sendiri jika dihitung dari data base yang ada hanya berjumlah 200 san orang sehingga mereka yang rhesus negatif ini hanya melakukan donor darah saat dibutuhkan saja.

menganai perbedaan trombosit dan darah memang perlu di edukasi lagi karena banyak yang masih belum tau perbedaannya.

Tenaga medis memperoleh trombosit dengan cara memisahkannya dari plasma darah sehingga diperoleh beberapa unit trombosit. Satu unit trombosit diartikan sebagai banyaknya trombosit yang diperoleh dari satu unit darah lengkap.

Trombosit yang diperoleh harus melewati serangkaian proses sebelum siap digunakan, yaitu dengan menghilangkan komponen sel darah putih, menguji bakteri di dalamnya, dan meradiasinya.

Satu unit darah lengkap biasanya hanya mengandung sedikit trombosit, jadi jenis transfusi ini biasanya memerlukan 4-5 orang pendonor darah lengkap. American Cancer Society bahkan menyatakan bahwa terkadang diperlukan hingga 6-10 unit pendonor mengingat sulitnya memperoleh trombosit dari darah segar,tambahnya.

Ketua PDDI Lhokseumawe. Ns Fauzan Saputra S.kep MNs, juga berharap UTD Aceh Utara bisa menjadi Mitra dan selalu merangkul PDDI dimana dan kapanpun ada aksi yang dilakukan oleh UTD Aceh utara.

Cita cita kami adalah bisa membuat bank darah gampong. syukur alhmdulillah kepala UTD dan Humas UTD Aceh Utara sangat mendukung sehingga semagat kami makin kuat.

seperti kita ketahui pengurus PDDI lhokseumawe juga Multi profesi ada perawat, bidan,dosen, pengacara sehingga PDDI bisa semakin kuat pungkasnya (Red).

Bagikan:
KOMENTAR