Jangan Pernah Takut Untuk Berinovasi Karena Kita Hadir Untuk Membangun Negeri


Kamis, 29 Agustus 2019 - 21.50 WIB


LHOKSOKON  - Tim Pengelola Inovasi Desa Kecamatan Nibong Dan Kecamatan Syamtalira Aron yang tergabung dalam Cluster II menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) yang dipusatkan di aula Kantor Camat Nibong Kabupaten Aceh Utara, (29/08).

Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa Cluster II Razali Mengatakan, Acara Bursa Inovasi Desa tahun 2019 ini merupakan kali yang kedua tetapi ini pola baru, untuk tahun 2019 Bursa Inovasi Desa dilaksanakan di setiap Kecamatan.

Alhamdulillah Untuk Cluster II kami melaksanakan dengan gabungan 2 kecamatan yaitu Kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron.

Bursa Inovasi Desa yang hari ini yang di ikuti oleh yang pertama panitia pelaksana Yang terdiri dari PD dan
PLD serta ketua dan Anggota TPID Kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron, kemudian perwakilan dari pemerintahan desa 3 orang perdesa yakni geuchik, Tuha Peut dan Perwakilan perempuan yang terdiri dari 54 desa yang berjumlah 162 orang.

Kemudian berikutnya bahwasanya pelaksanaan acara
Bursa Inovasi Desa ini bersumber dananya dari Dana
Operasional Kegiatan DOK TPID Kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron sehingga Alhamdulillah dapat terlaksana dengan Lancar.

TPID kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron dengan dipandu Oleh rekan-rekan Dari PD dan PLD Mengharapkan kepada seluruh Geuchik dan juga Tuha Peut bahwasanya apa yang menjadi inovasi desa Masing-masing, apa yang menjadi kesepakatan atau komitmen bersama agar dapat direalisasikan dalam APBG tahun 2020 di Gampong masing-masing. Karena program inovasi desa ini tidak akan berhasil secara sempurna tanpa adanya dukungan dari bapak Geuchik dan juga tuha peut, harapnya.

Mari sama-sama kita bangun dan majukan gampong kita menuju Gampong yang mandiri dan inovatif. Jangan Pernah Takut Untuk Berinovasi Karena Kita Hadir Untuk Membangun Negeri.

Sementara itu, Asisten 1 Sekda Aceh Utara Dayan Albar Dalam Sambutannnya Mengatakan,  Bursa Inovasi Gampong ini merupakan upaya strategis pemerintah terutama Kementrian Desa, untuk meningkatkan kualitas kegiatan yang ada di desa, khususnyan yang dianggarkan oleh Desa didalam Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) di Gampong masing-masing. dimana APBG yang berkualitas tentunya akan membuat banyak perubahan mendasar dalam masyarakat.

Bursa Inovasi Desa (BID) adalah salah satu model
pengelolaan Pengetahuan Dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Gampong, serta media belajar bagi Gampong untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan Gampong.

Bursa Inovasi Desa dilaksanakan untuk membantu
Gampong dalam meningkatkan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa.

Kiranya lewat Bursa Inovasi Desa dapat menjembatani kebutuhan pemerintah Gampong akan solusi bagip penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan gampong dalam rangka penggunaan dana Desa yang lebih efektif dan inovatif, sehingga lebih berkomitmen membangun Gampong. Tentunya dengan meningkatkan program yang lebih bermakna untuk membangun gampong.

Bursa inovasi gampong kiranya dapat Terlaksana dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan.
Sehingga apa yang didapat pada acara tersebut dapat
diimplementasikan di gampong masing-masing sesuai dengan potensi sumber daya yang ada.

Saya, Atas nama pemerintah kabupaten Aceh Utara menharapkan melalui bursa inovasi ini pembelajaran pembelajaran inovasi desa ini dapat dengan benar-benar menyiarkan fakta sosiologis, upaya-upaya desa dalam membangun keberdayaan perikehidupan Nasional dari pinggir, sehingga kepercayaan publik kepada desa semakin menebal karena kemampuan Desa membangun serta menjaga kepercayaan negara dalam bentuk limpahan kewenangan dan subsidi,harapnya.

Semoga suatu hari anak cucu kita dapat mereguk manisnya buah inovasi yang kita tanam dari benih-benih inovasi negeri sendiri, harapnya. (Red)
Bagikan:
KOMENTAR