Jalan Gampong Blang Pante Paya Bakong Butuh Diaspal


Rabu, 09 Januari 2019 - 13.57 WIB



LHOKSUKON - Gampong Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara merupakan gampong yang paling ujung yang berbatasan dengan Kabupaten Benermeriah.


Untuk menuju Gampong Blang Pante dari Ibukota Kabupaten Aceh Utara, Lhoksukon menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dengan mengendarai sepeda motor. Sedangkan apabila menggunakan kendaraan roda empat bisa ditempuh perjalanan sampai 2 jam.


Gampong tersebut pada tanggal 9 Maret 2015, juga pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara untuk melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Bendungan Keureuto, bendungan terbesar yang dibangun Pemerintah dalam lima tahun ke depan dengan anggaran mencapai Rp. 1,7 triliun.


Jika diselesaikan tepat waktu, kurang lebih 9500 hektar sawah akan selalu terairi, dan juga bisa mengendalikan banjir di Lhoksukon dan sekitarnya, serta juga bisa memberikan tambahan aliran listrik kurang lebih 6 MW, dan air baku yang tidak sedikit yaitu 500 liter/detik.


Keuchik Gampong Blang Pante,  M. Yunus mengatakan, saat ini gampongnya sedang membangun gampong diantaranya 2 unit rumah dhuafa, pengerasan jalan, saluran drainase, pagar meunasah, plat beton, dan saluran irigasi.


"Pembangunan tersebut menggunakan alokasi dana desa dari pemerintah pusat," kata Yunus kepada KabarSATU.info, belum lama ini.


Namun, keluhnya lagi, jalan menuju ke  gampong tersebut bebatuan dan sangat terjal. Karena itu, dirinya berharap kepada pemerintah agar dapat membangun jalan aspal menuju gampong sepanjang 5 kilometer yaitu jalan induk dari gampong Pucok Alue ke Pante Bahagia.



"Insya Allah jika jalan tersebut sudah diaspal, maka roda perekonomian masyarakat di gampong kami lancar," ujarnya. ***
Bagikan:
KOMENTAR