Wabup Fauzi Yusuf Pembina Upacara Hari Guru


Senin, 26 November 2018 - 12.22 WIB


LHOKSUKON - Wakil bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf bertindak sebagai pembina pada upacara Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 yang dirangkai dengan HUT PGRI ke 73 tingkat Kabupaten Aceh Utara.


Upacara tersebut berlangsung di lapangan upacara Lhoksukon, Senin (26/11), dihadiri seluruh unsur Forkopimda Aceh Utara, para Asisten, kepala SKPK, para Camat, kepala sekolah, guru, aktivis pendidikan dan ratusan siswa.


Dalam kesempatan itu, Wabup Fauzi Yusuf membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy,  yang antara lain menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya atas dedikasi, komitmen dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.


Dikatakan, tema hari guru nasional tahun 2018 adalah "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI". Tema tersebut dipilih agar para guru terus meningkatkan kualitas diri agar memiliki kompetensi diri yang sesuai dengan perkembangan zaman.


"Revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Untuk itu diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat," kata Fauzi dalam sambutan tersebut.


Dilanjutkan, setidaknya terdapat tiga ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para guru. Pertama, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Kedua, seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan guna mengembangkan diri dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman.


Dan yang ketiga, guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya. Guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya, yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai panggilan jiwa.


Berkaitan HUT PGRI ke 73 tahun 2018 tingkat Kabupaten Aceh Utara, seusai upacara panitia juga mengadakan kegiatan kemanusiaan berupa donor darah massal. Selain itu, sebelumnya panitia juga menggelar kegiatan perlombaan untuk memeriahkan hari guru, di antaranya lomba futsal, lomba tarik tambang putra - putri,  dan lomba menjadi MC.(Rel/Rj)

Bagikan:
KOMENTAR