Puting Beliung Robohkan Tenda Pengungsi di Lombok


Selasa, 11 September 2018 - 19.23 WIB


Lombok Utara - Angin puting beliung kembali terjadi di Lombok Utara. Puluhan warga berhamburan menyelamatkan diri. Angin puting beliung berputar dan melintas di Dusun Kerujuk, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, Selasa (11/9/2018) sekitar pukul 13.16 Wita.

Kejadian itu setidaknya telah merobohkan dan menerbangkan beberapa tenda dan hunian sementara pengungsi.

"Warga yang berada di dalam tenda dan huntara (hunian sementara) berhamburan keluar menyelamatkan diri," tutur Junaidi, warga di lokasi kejadian.


Akibat kejadian ini, jelas Junaidi, banyak warga yang terluka dan ada yang pingsan tertimpa reruntuhan bangunan.

"Huntara tujuh rusak, yang terluka tujuh orang, yang pingsan satu orang," ujarnya saat dihubungi detikcom.

Sementara itu, terkait informasi angin puting beliung yang melanda warga di Lombok Utara, menurut prakirawan BMKG Stasiun Bandara Internasional Lombok Levi Ratnasari, fenomena cuaca tersebut sebelumnya terjadi juga di wilayah Lombok Utara.

Dikatakan Levi, berdasarkan hasil analisis, kejadian tersebut bukanlah puting beliung, melainkan pusaran angin secara vertikal yang berskala kecil. Pusaran angin itu biasa terjadi pada kondisi cuaca cerah yang disebabkan adanya pemanasan yang kuat di permukaan suatu tempat atau titik lokasi tertentu. Hal itu, mengakibatkan terjadinya perbedaan tekanan udara di tempat tersebut dengan wilayah sekitarnya.

"Fenomena ini merupakan fenomena dalam skala kecil, maka dampak yang disebabkan juga kecil. Dampak yang ditimbulkan umumnya dapat menyapu debu atau benda-benda ringan di sekitar pusaran angin tersebut dalam waktu yang cukup singkat," jelasnya.

Levi juga mengimbau masyarakat, jika melihat fenomena tersebut, segera menjauh pada jarak yang cukup aman.




Sumber : detik.com
Bagikan:
KOMENTAR