Bimtek ke Lombok Sangat Bermanfaat bagi Keuchik


Rabu, 25 Juli 2018 - 19.51 WIB


LOMBOK - Beberapa Keuchik (Kepala Desa) di kabupaten Aceh Utara mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut digelar di Puri Indah Hotel, Lombok, NTB, selama tiga hari.


Salah seorang Keuchik Trieng Pantang, Lhoksukon, Hasanuddin SH.I, kepada KabarSATU.info, mengatakan bahwa Bimtek ke Lombok yang digelar CV. Arisandi, sangat bermanfaat bagi para Keuchik. Karena bimtek tersebut dalam rangka menyukseskan kulitas dan kuantitas perdesaaan seperti penguatan bidang pembangunan gampong, pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan pemerintahan, serta pelatihan sistem keuangan desa (Siskeudes) dan pelatihan pembuatan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dan lain-lain.


"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Jadi kalau ada yang bilang Keuchik yang ada di Aceh Utara menghamburkan uang rakyat dan bersenang-senang ke Lombok itu salah," katanya.


Para Keuchik berharap kepada publik untuk ikut mendukung pogram bimtek supaya Keuchik yang ada di Aceh Utara mendapat ilmu administrasi negara dan tata kelola pemerintahan desa, pengelolaan dana desa yang benar dan tepat guna bukan untuk dihujat.


"Kegiatan bimtek ke Lombok ini para Keuchik di Aceh Utara sudah membahasanya jauh-jauh hari," ujar Hasanuddin.


Sementara itu, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Gampong (BPMG) Kabupaten Aceh Utara, Mawardi mengatakan, pihaknya juga sangat mendukung penuh kegiatan bimtek keuchik di Lombok.


Mawardi mengatakan, jika hasil bimtek ini nantinya benar-benar diterapkan untuk desa maka akan lebih bermanfaat, apalagi ada beberapa produk yang dibeli dari perusahaan pelaksana bimtek tersebut.


Setelah mengetahui adanya aplikasi dan papan Monografi dari perusahaan pelaksana bimtek tersebut, Mawardi mengakui ke depannya desa-desa akan lebih maju.


"Akan bermanfaat jika benar-benar diterapkan di desa. Kalau aplikasi memang sangat berguna dan jika memang semuanya terlaksana akan lebih mantap. Kita tidak masalah asalkan demi kebaikan (desa)," ujar Mawardi.


Para keuchik dari dua kecamatan tersebut akan mengikuti Bimtek di Lombok hingga Selasa (17/7/2018). Para keuchik diberikan berbagai fasilitas selama kegiatan tersebut berlangsung.


Kegiatan bimtek ini justru mendapat dukungan dari berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), seperti Acheh Future. Lembaga ini menyatakan mendukung penuh kegiatan bimtek keuchik ke Lombok yang nantinya akan membawa manfaat bagi desa.


"Kami sangat mendukung penuh kegiatan bimtek ini. Karena secara umum kita lihat desa-desa memang sangat membutuhkan peningkatan kapasitas. Di samping itu, kami sangat berharap kepada aparatur desa untuk mendukung juga pendidikan nonformal di desa masing-masing. Misalnya membuat pengadaan kitab, di mana kita lihat pondok-pondok pesantren yang ada di tiap desa masih sangat kekurangan kitab. Ini juga tidak kalah penting untuk mencegah terjadinya korupsi. Mari kita dukung dan ajari anak bangsa dengan ilmu agama agar jauh dari korupsi," ujar Ketua Acheh Future, Razali Yusuf.(SA)
Bagikan:
KOMENTAR