Pemerintah Didesak Usir Dubes Myanmar dari Indonesia


Selasa, 05 September 2017 - 21.38 WIB


BANDA ACEH - Lembaga Swadaya Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh (JARA) mengutuk tindakan biksu Myanmar yang menyiksa dan menindas etnis minoritas Rohingya di Myanmar.


"Hentikan kekerasan, jangan lukai umat muslim. Ingat umat muslim itu bagaikan satu tubuh, jika tubuh yang satu terluka maka kami juga terluka," tegas Ketua JARA, Iskandar Arrahman, kepada KabarSATU.info, Selasa 5 Agustus 2017.


Ia mengatakan, kejahatan kemanusiaan terhadap etnis Rohingya di Myanmar sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia (HAM). Atas dasar kemanusiaan dan prinsip konstitusi Indonesia, pihaknya mendukung bantuan kemanusiaan dan langkah-langkah diplomatik yang dilakukan pemerintah Republik lndonesia melalui Kementerian Luar Negeri untuk mencari resolusi bersama pemerintah Myanmar dalam rangka menghentikan praktik kekerasan bersenjata terhadap warga sipil minoritas etnis Rohingya di Myanmar.


Dalam hal ini, JARA mendesak agar otoritas Myanmar Aung San Suu Kyi diseret ke Mahkamah Pidana Internasional untuk diadili serta mencabut nobel perdamaian, karena telah melakukan pembiaran kekerasan dan pembersihan etnis (Genosida) oleh miiiter Myanmar terhadap warga Rohingya. 


Ia juga mendesak Badan Keamanan PBB atau UN Security Council dan United Nations High Commissioner for Refugee (UNHCR), segera mengambil langkah cepat dan tegas untuk menyudahi pembantaian warga sipil minoritas muslim Rohingya oleh militer Myanmar dan penanganan pengungsi Rohingya yang terkatung-katung nasibnya di beberapa negara.


Sebagai negara anggota ASEAN, lanjutnya, pemerintah RI harus menjadi leader bagi setiap masalah kemanusiaan di kawasan ASEAN dan dunia serta menjadi corong kemanusiaan bagi masyarakat dunia, khususnya dalam tragedi kemanusiaan Rohingya.


Selain itu, diminta negara-negara anggota ASEAN agar Myanmar dicabut keanggotaannya sebagai negara anggota ASEAN akibat kejahatan kemanusiaan yang dilakukan terhadap warga etnis Rohingya. Kepada Pemerintah Indonesia, diharapkan segara mengambil Iangkah tegas menyerukan negara Anggota ASEAN agar merespon tragedi kemanusiaan Rohingya dengan aksi peduIi daIam bentuk bantuan kemanusiaan dan miIiter untuk korban genosida yang dialami etnis Rohingya. 


Atas tindakan kejahatan terhadap warga etnis Rohingya, pemerintah Indonesia agar memutusukan hubungan diplomatik dengan Myanmar dalam bentuk mengusir duta besar Myanmar dari Indonesia serta menarik duta besar Indonesia dari Myanmar. [Jali]
Bagikan:
KOMENTAR